Sabtu, 05 Februari 2011

RPP Geografi SMA kelas X semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  1 dan 2
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek  geografi  

Kompetensi Dasar     :  1.1. Menjelaskan konsep geografi
                                      1.2. Menjelaskan pendekatan geografi


Indikator                     :  -   Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi
-      Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi
-      Menjelaskan metode/pendekatan geografi
-      Mengaplikasi metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  referensi , siswa dapat menguraikan konsep geografi
- Melalui diskusi, siswa dapat merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi
   - Melalui informasi, siswa dapat menjelaskan metode/pendekatan geografi
   - Melalui diskusi , siswa dapat mengaplikasi metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

II. Materi Pokok

- Konsep geografi

- Metode / pendekatan geografi
       1).Metode/pendekatan ke ruangan  (spatial approach).
       2).  Pendekatan kewilayahan
      -  Pendekatan topic
      -  Pendekatan aktifitas manusia
      -  Pendekatan regional
       
      3).  Pendekatan ekologi (ecological  approach)

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi



IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II





III
Pertemuan 1
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
- Setelah membaca referensi siswa apat menjelaskan pengertian geografi menurut asal kata dan menurut IGI
- Setelah membaca referensi siswa dapat menguraikan   konsep geografi
- Secara kelompok, menyimpulkan konsep-konsep geografi


PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit







60 menit





15 menit

I




II







III
Pertemuan 2
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
- Secara individu, siswa menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi

- Secara kelompok membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya : sampah di kota Pekanbaru) dari ketiga pendekatan geografi.

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit






15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 1:
1.      Sebutkanlah pengertian geografi menurut asal kata !
2.      Jelaskanlah pengertian geografi menurut IGI !
3.      Tuliskanlah 10 konsep esensial geografi !
4.      Sebutkan contoh penerapan konsep morfologi dan konsep lokasi dalam kehidupan sehari-hari !








Pertemuan 2 :
1.      Jelaskan 3 macam pendekatan  dalam memecahkan permasalahan gejala geografi !
2.      Berikan 3 contoh masalah geosfer dan pendekatan geografi apa yang digunakan dalam memecahkan masalah tersebut !
              
                                                                                   Pekanbaru, 12 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                   NIP. 19680422 199403 2003












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  3 dan 4
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek  geografi  

Kompetensi Dasar     :  1.3. Menjelaskan prinsip geografi
                                      1.4. Mendeskripsikan aspek geografi

Indikator                     :  -     Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
-      Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
-      Menerapkan prinsip geografi dalam kajian georafi
-      Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
-      Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
-      Memberikan contoh aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  referensi , siswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
   - Melalui kerja kelompok, siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
   - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menerapkan prinsip geografi dalam kajian georafi
   - Melalui referensi , siswa mendeskripsikan aspek-aspek geografi
   - Melalui diskusi kelompok, siswa menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
   - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat memberikan contoh aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

II. Materi Pokok

1, Prinsip-prinsip Geografi
     -  Prinsip penyebaran
-  Prinsip interelasi
-  Prinsip deskripsi
     -  Prinsip korologi  (keruangan)

2.Aspek geografi
    -   Aspek fisik (alamiah):
        Gejala-grjala alam yang timbul
    -  Aspek social (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya.

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II







III
Pertemuan 3
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
·         Secara individu mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi
·         Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer
·         Secara kelompok, menganalisis tentang tanah longsor di daerah sekitarnya dikaji dari keempat prinsip geografi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit







60 menit





15 menit

I




II








III
Pertemuan 4
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI

·         Secara individu mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi
·         Secara kelompok mengkorelasikan gambar tentang aspek fisik dan sosial geografi
·         Secara individu membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan social dilingkungan daerah sekitar

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit







15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 3 :
  1. Sebutkan 4 macam prinsip geografi !
  2. Berikanlah masing 2 contoh prinsip distribusi dan prinsip interelasi alam kehidupan sehari-hari !









Pertemuan 4 :
  1. Jelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial dalam geografi !
  2. Berikanlah masing-masing 2 contoh aspek fisik dan aspek sosial dalam kehidupan sehari-hari !


                                                                                                  Pekanbaru, 12 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  5 dan 6
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.1 Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya.
                                                                                                
Indikator                     :  - Membuat laporan pengamatan benda-benda langit
                                       - Menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagatraya
- Menjelaskan perbedaan anggapan-angapan tentang jagadraya dan alam semesta

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  internet , siswa membuat laporan pengamatan benda-benda langit
   - Melalui kerja kelompok, siswa dapat menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagatraya
   - Melalui diskusi kelompok, menjelaskan perbedaan anggapan-angapan tentang jagadraya dan alam semesta

   II. Materi Pokok

·   Tata Surya dan Jagad Raya
1)      Hipotesis tentang terjadinya tata surya
2)      Teori tentang terjadinya jagad raya.
3)      Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
               
III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II








III
Pertemuan 5
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-  Secara individu, siswa ditugaskan mengamati benda-benda langit melalui pengamatan langsung maupun internet
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang teori-teori terjadinya tata surya dan jagad raya
-  Presentase hasil diskusi

PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan


15 menit







60 menit







15 menit

I




II




III
Pertemuan 6
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas  kelompok, diskusi tentang anggapan-anggapan jagad raya dan alam semesta
-   Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit




15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay


SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 5 :
  1. Jelaskanlah perbedaan teori Nebula dengan teori Planetesimal tentang terbentuknya tata Surya !
  2. Jelaskanlah teori Big Bang dalam pembentukan alam semesta !

Pertemuan 6 :
  1. Jelaskan tentang paham geosentris dan heliosentris !
  2. Jelaskan tentang paham galaktosentris



                                                                                                  Pekanbaru, 12 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  7 dan 8
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.1 Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya.
                                                                                                
Indikator                     :  - Menguraikan satuan dalam mengukur jarak benda-benda langit
- Mengidentifikasi isi jagad raya ( bintang, planet, satelit, komet, meteor)


I. Tujuan Pembelajaran
    - Melalui informasi guru, siswa dapat mengukur jarak benda langit
    - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi isi jagad raya

   II. Materi Pokok
-      Satuan yang digunakan dalam mengukur jarak benda-benda langit
-      Isi jagad raya dan tata surya
-      Galaksi dan ciri-cirinya
                     
III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II






III
Pertemuan 7
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-  Melalui informasi guru, siswa dapat mengukur jarak benda-benda langit
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, siswa dapat mengelompokkan isi dari jagad raya dan tata surya
-  Presentase hasil diskusi

PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan


15 menit







60 menit







15 menit

I




II




III
Pertemuan 8
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas  6 kelompok, diskusi tentang pengertian galaksi
-  Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari galaksi
-   Presentase hasil diskusi
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




60 menit






15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 7 :
  1. Bintang Gamma memiliki paralaks 0,25 detik busur. Berapa tahun cahayakah jarak bintang Gamma dari Bumi ?
  2. Jika jarak Venus ke matahari adalah  0,72 AU, tentukanlah jaraknya dalam satuan cahaya dan satuan km !
  3. Sebutkan anggota-anggota ari tata surya !



Pertemuan 8 :
  1. Apa yang dimaksud dengan galaksi !
  2. Sebutkanlah 4 ciri-ciri galaksi !
  3. Bagaimana bentuk dan ukuran dari galaksi Bimasakti !
  4. Sebutkan bentuk –bentuk galaksi !

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  9 dan 10
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.1 Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya.
                                                                                                
Indikator                    :  -  Mengklasifikasikan planet-planet dalam tata surya
                                     -  Mengidentifikasi matahari dan planet-planet

I. Tujuan Pembelajaran
       - Melalui diskusi,  siswa dapat  mengklasifikasikan planet-planet dalam tata surya                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
    - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi matahari dan planet-planet

   II. Materi Pokok
-      Klasifikasi planet-planet
-      Matahari dan planet-planet

III. Metode                                                                  
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II





III
Pertemuan 9
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang klasifikasi planet-planet dalam tata surya
-  Presentase hasil diskusi

PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan


15 menit







60 menit





15 menit

I




II



III
Pertemuan 10
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang identifikasi matahari dan planet-planet
-   Presentase hasil disku
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





60 menit


15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 9 :
1.      Sebutkanla planet-planet yang termasuk inferior planet dan superior planet !
2.      Sebutkanlah planet-planet yang termasuk inner planet dan outer planet !
3.      Apa perbedaan terestrial planet dengan Jovian planet !

Pertemuan 10 :
  1. Sebutkanlah lapisan-lapisan matahari dari dalam hingga terluar !
  2. Apa saja yang terlihat pada fotosfer !
  3. Planet apa saja yang paling banyak mengandung gas CO2 ?
  4. Apa perbedaan sunspot dengan granular pada matahari ?


                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  11 dan 12
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.1 Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya.
                                                                                                
Indikator                    :  -  Menganalisis Hukum Peredaran Planet-Planet
                                     -  Mendeskripsikan kedudukan bumi dlam tata surya
                                     -  Mendeskripsikan gerakan bumi dalam tata surya

I. Tujuan Pembelajaran
       - Melalui referensi, siswa dapat  menganalisis Hukum Peredaran Planet-Planet                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
       - Melalui diskusi, siswa dapat  mendeskripsikan kedudukan bumi dalam tata surya
       - Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan gerakan bumi dalam tata surya
  
II. Materi Pokok
      - Hukum peredaran planet
     - Kedudukan bumi dalam tata surya
     - Gerakan bumi dalam tata surya

III. Metode                                                                  
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II



III
Pertemuan 11
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-  Melalui referensi yang ada, guru menugaskan kepada siswa menganalisis Hukum Peredaran Planet-planet

PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan


15 menit







60 menit




15 menit

I




II








III
Pertemuan 12
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang kedudukan bumi dalam tata surya
-   Masing-masing kelompok mendeskripsikan gerakan bumi dalam tata surya
-   Presentase hasil diskusi



PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit








15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 11 :
1.      Jelaskan tentang HK. Keppler I !
2.      Sebuah komet beredar dalam orbit elips mengitari bumi. Jarak terdekatnya sekitar 0,5 AU dan terjauhnya 50 AU. Berapakah harga eksentrisitasnya ?
3.      Jarak planet A dan B ke matahari memilki perbandingan 1 : 2. Jika periode revolusi planet A = 1 tahun, berapakah periode revolusi planet B ?

Pertemuan 12 :
  1. Apa yang dimaksud dengan rotasi bumi dan sebutkan 4 akibat dari rotasi bumi !
  2. Apa yang dimaksud dengan revolusi bumi dan sebutkan 3 akibat dari rotasi bumi !
  3. Gambarkanlah gerak semu tahunan matahari !


                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  13 dan 14
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
                                                                                                
Indikator                    :  -  Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
                                     -  Mengidentifikasi karakteristik pelapisan bumi
                                    
I. Tujuan Pembelajaran
       - Melalui referensi, siswa dapat  mengungkapkan proses terjadinya bumi                                                                                                                                                                                                                                              
       - Melalui referensi, siswa dapat mengkaji karakteristik pelapisan bumi
  
II. Materi Pokok
      - Proses terjadinya bumi
     -  Karakteristik pelapisan bumi

III. Metode                                                                  
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II








III
Pertemuan 13
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-  Melalui referensi yang ada, guru menugaskan kepada siswa mengungkapkan tentang proses terjadinya bumi dari berbagai pendapat para ahli
- Siswa mengambil kesimpulan dan menganalisis mana teori yang mendekati kebenaran



PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan


15 menit







60 menit








15 menit

I





II





III
Pertemuan 14
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai


KEGIATAN INTI
-  Melalui referensi yang ada, guru menugaskan siswa mengkaji tentang karakteristik pelapisan bumi
-   Siswa membuat kesimpulan tentang karakteristik pelapisan bumi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





60 menit






       15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay


SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 13 :
1.      Jelaskan terbentuknya bumi menurut teori Continental Drift !
2.      Zaman Arkeozoikum adalah awal terbentuknya bumi. Sebutkanlah ciri-ciri zaman ini !

Pertemuan 14 :
  1. Gambarkanlah pelapisan bumi !
  2. Jelaskan bagian-bagian kerak bumi dan karakteristiknya !
  3. Inti bumi dibagi atas dua bagian, Jelaskan !

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                               
                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  X/I
                                          Pertemuan ke        :  15 dan 16
                                          Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit
                                                       
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi.

Kompetensi Dasar     :  2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
                                                                                                
Indikator                    :  -  Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi
                                    
I. Tujuan Pembelajaran
       - Melalui diskusi, siswa dapat  menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi
                                                                                                                                                                                                                                                                           
II. Materi Pokok
      - Teori lempeng tektonik

III. Metode                                                                  
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II





III
Pertemuan 15
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
- Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi
- Presentase hasil diskusi

PENUTUP
Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan



15 menit







60 menit






15 menit

I




II






III
Pertemuan 16
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-  Siswa dibagi atas 6 kelompok, mengerjakan gerak lempeng tektonik dengan menggunakan peta dunia
-   Masing-masing kelompok membuat laporan tentang kesimpulan gerak lempeng tektonik serta kaitannya dengan bentuk muka bumi sekarang ini

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit






       15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assaY

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 15 :
1.      Jelaskanlah kaitan gerak lempeng tektonik serta apa kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi !

Pertemuan 16 :
  1. Sebutkanlah 6 lempeng besar di muka bumi !
  2. Jelaskan kenapa Indonesia banyak terdapat gunung api dan rawan dengan gempa bumi !
                                                                                                 
  Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar