Sabtu, 05 Februari 2011

Silabus Geografi SMA kelas XI

SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XI / IPS
Semester                      :  1 ( satu )
Alokasi Waktu               :  48 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antrosfer

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer

·          Pengertian fenomena biosfer

·          Factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

·          Secara individu menganalisis kembali pengertian fenomena biosfer dari berbagai referensi

·          Secara kelompok, diskusi tentang factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

·          Menjelaskan pengertian fenomana biosfer

·          Mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
Laporan kerja individu

6 x 45

Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan

Bahan/Alat :
Gambar-gambar tentang biosfer (kliping)
CD Pembelajaran (interaktif) biosfer


1.2   Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan















·          Persebaran hewan dan tumbuhan dunia

·          Persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia

·          Hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya.

·          Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan dunia pada peta

·          Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia

·          Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya

·          Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi

·          Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia

·          Menyimpulkan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan








Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
Laporan kerja individu

18 x 45

Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan

Bahan/Alat :
Gambar-gambar tentang biosfer (kliping)


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

·          Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan
·          Secara kelompok, mengidentifikasi dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan dari berbagai literatur
kondisi fisik dengan lingkungannya

·          Membuat laporan tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap keberadaan kehidupan












CD Pembelajaran (interaktif) biosfer

1.3  Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer

·          Antroposfer

1).    Kualitas penduduk
-   sensus penduduk
-   jenis-jenis sensus
-   komposisi penduduk menurut umur
-   komposisi penduduk menurut jenis kelamin
-   sex ratio
-   dependency ratio

2).   Kualitas penduduk
 -   tingkat pendidikan
 -   tingkat kesehatan

·          Secara individu, menjelaskan perbedaan sensus dan registrasi penduduk dari berbagai referensi
·          Secara individu, mengidentifikasi jenis-jenis sensus dari berbagai sumber relajar
·          Secara kelompok, menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin dari data yang tersaji di LKS
·          Secara kelompok menghitung sex ratio dan dependency ratio
·          Secara individu mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas pensusuk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan


·          Menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk

·          Mengidentifikasi jenis-jenis sensus

·          Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin

·          Menghitung sex ratio dan dependency ratio

·          Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan individu
Laporan kelompok
12 x 45


1.4   Menganalisis aspek kependudukan

·          Aspek kependudukan
Natalitas
Moralitas
Migrasi


·          Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan
·          Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan dilapangan


·          Menghitung tingkat kelahiran penduduk

·          Menghitung tingkat kematian penduduk


Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


12 x 45

Sumber :
Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat



·          Menghitung pertumbuhan penduduk satu wilayah yang datanya tersaji di LKS
·          Menghitung proyeksi penduduk satu wilayah yang datanya tersaji  dalam LKS
·          Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah yang datanya tersaji dalam LKS
·          Secara berkelompok membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk dan grafik penduduk yang tersaji dalam LKS
·          Secara kelompok mengidentifikasi factor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi (Misal : masyarakat Wonogiri)
·          Secara kelompok, mengumpulkan data kependudukan dari 4 RT dari kelurahan masing-masing siswa
·          Secara kelompok mengolah data kependudukan dari hasil pengamatan di 4 RT ke dalam tampilan peta, tabel, dan grafik



·          Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah

·          Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah

·          Menyajikan informasi kependudukan melalui peta tabel da grafik/diagram

·          Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi

·          Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel dan grafik

Bentuk instrumen:
Uraian berstruktural
Laporan individu
Laporan kelompok tentang data kependudukan














SILABUS

Nama Sekolah               :  MA PPMI  Assalaam Sukoharjo
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XI / IPS
Semester                      :  2 ( dua )
Alokasi Waktu               :  24 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  2.  Memahami sumber daya alam

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

2.1 Menjelaskan pengertian Sumber Daya alam

·          Pengertian sumber daya alam



·          Secara individu menganalisis pengertian sumber daya alam dari berbagai referensi

·          Secara kelompok, diskusi tentang factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

·          Menganalisis pengertian sumber daya alam

·          Mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan kerja mandiri

3 x 45

Sumber :

Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan


2.2   Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya alam


















·          Potensi sumber daya alam Indonesia dan persebarannya
-       Sumber daya alam nabati
-       Sumber daya alam hewani
-       Sumber daya alam mineral
-       Sumber daya alam air
-       Sumber daya alam udara
-       Sumber daya alam matahari
-       Sumber daya alam tanah








·          Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan potensinya dari beberapa referensi secara individu

·          Mengamati peta persebaran sumber daya alam Indonesia pada peta

·          Menganalisis jenis-jenis sumber daya alam
·          Menjelaskan perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
·          Menunjukkan persebaran sumber daya alam pada peta Indonesia



Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Laporan PG

6 x 45

Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan


2.3 Menjelaskan pemanfaaaatan Sumber Daya alam secara arif

·          Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi










·          Pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan








·          Sumber daya alam dan pembangunan



·          Diskusi tentang pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
·          Secara individu memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
·          Secara kelompok mengidentifikasi contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi

·          Merumuskan kembali pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara mandiri
·          Dengan melakukan kajian dari berbagai literatur, menyimpulkan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan


·          Dengan melakukan kajian terhadap literatur, diskusi tentang pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
·          Secara kelompok, berdiskusi tentang cirri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan


·          Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
·          Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi




·          Mendeskripsikan pengertian pembangunan berkelanjutan
·          Menyimpulkan hubungan pemanfaatan sumber daya alam dan pembanguan berkelanjutan


·          Mengidentifikasikan cirri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan
·          Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan

Jenis tagihan :
Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Laporan








Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok

Bentuk tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok





Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok

Bentuk tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok

15 x 45



























Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan







Bahan/Alat :
Chart/gambar-gambar
CD interaktif pembelajaran



SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XI / IPS
Semester                      :  2 ( dua )
Alokasi Waktu               :  30 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  3.  Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

3.1
Mendeskripsikan pemanfaatan lingkunagn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

























·          Pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
-   Pengertian lingkungan
-   Komponen ekosistem
-   Lingkungan hidup sebagai sumber daya
-   Pembangunan berkelanjutan
-   Dampak pembangunan terhadap lingkungan hidup



·          Mengungkapkan kembali pengertian lingkungan dari berbagai referensi
·          Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·          Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
·          Secara kelompok, diskusi tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan
·          Secara kelompok menghubungkan pemanfaatn lingkungan hisup dan pembangunan berkelanjutan
·          Secara kelompok, diskusi tentang dampak positif pembangunan terhadap lingkungan hidup
·          Secara kelompok, diskusi tentang dampak negative pembangunan terhadap linglkungan hidup


·          Merumuskan pengertian lingkungn hidup
·          Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·          Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
·          Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·          Menghubungkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
·          Mendeskripsikan dampak positif pembanguan terhadap lingkungan hidup


Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan kerja mandiri
Uraian berstruktur


Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Laporan kerja mandiri
Uraian berstruktur

15 x 45











Sumber :

Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

3.2
Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

·          Pengelolaan lingkungn hidup (UU Lingkungn Hidup Nomor 23 Tahun 1997)
·          Upaya pelestarian lingkungan hidup








































·          Hubungan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan



·          Secara kelompok merumuskan konsep pelestarian lingkungn hidup dari berbagai referensi
·          Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·          Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
·          Secara kelompok, mengidentifikasi contoh-contoh tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan



























·          Diskusi kelompok mengkorelasikan pentingnya pelestarian hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·          Secara individu membuat kliping (dilengkapi dengan rangkuman dan tangapan juga sumber) tentang pelestarian lingkungn dan pembangunan berkelanjutan


·          Mendeskripsikan dampak negatif pembanguan terhadap lingkungan hidup
·          Mendeskripsikan konsep pelestarian lingkungn hidup (UU No. 23 Tahun 1997)
·          Mengidentifikasi beberapa upaya dalam melestarikan lingkungn hidup
·          Memberikan contoh tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

























·          Menyimpulkan pentingnya pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dalam pembangunan berkelanjutan


Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis



Bentuk instrumen:
Laporan







































Jenis tagihan :
Tugas individu




Bentuk instrumen:
Laporan


15 x 45
























Sumber :
Buku Geografi kelas XI yang relevan


Mengetahui                                                                                                                                                     Pekanbaru, 4 Juli 2010
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                                                                                                                   Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                                                                                         NIP. 19680422 199403 2003





 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar