SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XI / IPS
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 48 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antrosfer
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer | · Pengertian fenomena biosfer · Factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | · Secara individu menganalisis kembali pengertian fenomena biosfer dari berbagai referensi · Secara kelompok, diskusi tentang factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | · Menjelaskan pengertian fenomana biosfer · Mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan kerja kelompok Laporan kerja individu | 6 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan Bahan/Alat : Gambar-gambar tentang biosfer (kliping) CD Pembelajaran (interaktif) biosfer |
1.2 Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan | · Persebaran hewan dan tumbuhan dunia · Persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia · Hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya. | · Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan dunia pada peta · Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia · Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya | · Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi · Menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia · Menyimpulkan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan kerja kelompok Laporan kerja individu | 18 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan Bahan/Alat : Gambar-gambar tentang biosfer (kliping) |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
| · Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan | · Secara kelompok, mengidentifikasi dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan dari berbagai literatur | kondisi fisik dengan lingkungannya · Membuat laporan tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap keberadaan kehidupan | | | CD Pembelajaran (interaktif) biosfer |
1.3 Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer | · Antroposfer 1). Kualitas penduduk - sensus penduduk - jenis-jenis sensus - komposisi penduduk menurut umur - komposisi penduduk menurut jenis kelamin - sex ratio - dependency ratio 2). Kualitas penduduk - tingkat pendidikan - tingkat kesehatan | · Secara individu, menjelaskan perbedaan sensus dan registrasi penduduk dari berbagai referensi · Secara individu, mengidentifikasi jenis-jenis sensus dari berbagai sumber relajar · Secara kelompok, menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin dari data yang tersaji di LKS · Secara kelompok menghitung sex ratio dan dependency ratio · Secara individu mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas pensusuk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan | · Menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk · Mengidentifikasi jenis-jenis sensus · Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin · Menghitung sex ratio dan dependency ratio · Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan individu Laporan kelompok | 12 x 45 | |
1.4 Menganalisis aspek kependudukan | · Aspek kependudukan Natalitas Moralitas Migrasi | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan · Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan dilapangan | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk · Menghitung tingkat kematian penduduk | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis | 12 x 45 | Sumber : Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
| | · Menghitung pertumbuhan penduduk satu wilayah yang datanya tersaji di LKS · Menghitung proyeksi penduduk satu wilayah yang datanya tersaji dalam LKS · Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah yang datanya tersaji dalam LKS · Secara berkelompok membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk dan grafik penduduk yang tersaji dalam LKS · Secara kelompok mengidentifikasi factor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi (Misal : masyarakat Wonogiri) · Secara kelompok, mengumpulkan data kependudukan dari 4 RT dari kelurahan masing-masing siswa · Secara kelompok mengolah data kependudukan dari hasil pengamatan di 4 RT ke dalam tampilan peta, tabel, dan grafik | · Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah · Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah · Menyajikan informasi kependudukan melalui peta tabel da grafik/diagram · Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi · Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel dan grafik | Bentuk instrumen: Uraian berstruktural Laporan individu Laporan kelompok tentang data kependudukan | | |
SILABUS
Nama Sekolah : MA PPMI Assalaam Sukoharjo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XI / IPS
Semester : 2 ( dua )
Alokasi Waktu : 24 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
2.1 Menjelaskan pengertian Sumber Daya alam | · Pengertian sumber daya alam | · Secara individu menganalisis pengertian sumber daya alam dari berbagai referensi · Secara kelompok, diskusi tentang factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | · Menganalisis pengertian sumber daya alam · Mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan kerja mandiri | 3 x 45 | Sumber : Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan |
2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya alam | · Potensi sumber daya alam Indonesia dan persebarannya - Sumber daya alam nabati - Sumber daya alam hewani - Sumber daya alam mineral - Sumber daya alam air - Sumber daya alam udara - Sumber daya alam matahari - Sumber daya alam tanah | · Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan potensinya dari beberapa referensi secara individu · Mengamati peta persebaran sumber daya alam Indonesia pada peta | · Menganalisis jenis-jenis sumber daya alam · Menjelaskan perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui · Menunjukkan persebaran sumber daya alam pada peta Indonesia | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Laporan PG | 6 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan |
2.3 Menjelaskan pemanfaaaatan Sumber Daya alam secara arif | · Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan · Sumber daya alam dan pembangunan | · Diskusi tentang pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Secara individu memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Secara kelompok mengidentifikasi contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Merumuskan kembali pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara mandiri · Dengan melakukan kajian dari berbagai literatur, menyimpulkan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan · Dengan melakukan kajian terhadap literatur, diskusi tentang pengertian pembangunan berwawasan lingkungan · Secara kelompok, berdiskusi tentang cirri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | · Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Mendeskripsikan pengertian pembangunan berkelanjutan · Menyimpulkan hubungan pemanfaatan sumber daya alam dan pembanguan berkelanjutan · Mengidentifikasikan cirri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan · Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan | Jenis tagihan : Tugas kelompok Bentuk instrumen: Laporan Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Bentuk tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Bentuk tagihan : Tugas individu Tugas kelompok | 15 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan Bahan/Alat : Chart/gambar-gambar CD interaktif pembelajaran |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XI / IPS
Semester : 2 ( dua )
Alokasi Waktu : 30 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
3.1 Mendeskripsikan pemanfaatan lingkunagn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan - Pengertian lingkungan - Komponen ekosistem - Lingkungan hidup sebagai sumber daya - Pembangunan berkelanjutan - Dampak pembangunan terhadap lingkungan hidup | · Mengungkapkan kembali pengertian lingkungan dari berbagai referensi · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi · Secara kelompok, diskusi tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan · Secara kelompok menghubungkan pemanfaatn lingkungan hisup dan pembangunan berkelanjutan · Secara kelompok, diskusi tentang dampak positif pembangunan terhadap lingkungan hidup · Secara kelompok, diskusi tentang dampak negative pembangunan terhadap linglkungan hidup | · Merumuskan pengertian lingkungn hidup · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan · Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan · Menghubungkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan · Mendeskripsikan dampak positif pembanguan terhadap lingkungan hidup | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan kerja mandiri Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan kerja mandiri Uraian berstruktur | 15 x 45 | Sumber : Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
3.2 Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Pengelolaan lingkungn hidup (UU Lingkungn Hidup Nomor 23 Tahun 1997) · Upaya pelestarian lingkungan hidup · Hubungan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan | · Secara kelompok merumuskan konsep pelestarian lingkungn hidup dari berbagai referensi · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi · Secara kelompok, mengidentifikasi contoh-contoh tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan · Diskusi kelompok mengkorelasikan pentingnya pelestarian hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan · Secara individu membuat kliping (dilengkapi dengan rangkuman dan tangapan juga sumber) tentang pelestarian lingkungn dan pembangunan berkelanjutan | · Mendeskripsikan dampak negatif pembanguan terhadap lingkungan hidup · Mendeskripsikan konsep pelestarian lingkungn hidup (UU No. 23 Tahun 1997) · Mengidentifikasi beberapa upaya dalam melestarikan lingkungn hidup · Memberikan contoh tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan · Menyimpulkan pentingnya pelestarian lingkungn hidup dalam kaitannya dalam pembangunan berkelanjutan | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk instrumen: Laporan Jenis tagihan : Tugas individu Bentuk instrumen: Laporan | 15 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XI yang relevan |
Mengetahui Pekanbaru, 4 Juli 2010
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs. H.Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar