SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : X
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 8 x 45menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
1.1. Menjelaskan konsep geografi | · Konsep geografi | · Mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari berbagai bahan-bahan referensi secara mandiri. · Secara kelompok. Menyimpulkan konsep-konsep geografi · Presentesi hasil diskusi | · Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi. · Menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geosfer | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 2 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan |
1.2. Menjelaskan pendekatan geografi | · Metode / pendekatan geografi 1).Metode/pendekatan ke ruangan (spatial approach). 2). Pendekatan kewilayahan - Pendekatan topic - Pendekatan aktifitas manusia - Pendekatan regional 3). Pendekatan ekologi (ecological approach) | · Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi · Secara kelompok membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya : sampah di kota Pekanbaru) dari ketiga pendekatan geografi. · Presentasi hasil diskusi | · Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi. · Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 2 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan Sumber / alat : Gambar/chart |
1.3. Menjelaskan prinsip geografi | · Prinsip-prinsip Geografi - Prinsip penyebaran - Prinsip interelasi - Prinsip deskripsi - Prinsip korologi (keruangan) | · Secara individu mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi · Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer · Secara kelompok, menganalisis tentang tanah longsor di daerah sekitarnya dikaji dari keempat prinsip geografi · Presentasi hasil diskusi | · Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi · Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi · Menerapkan prinsip-geografi dalam kajian geosfer | Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 2 x 45 | Sumber : 1…Nursid Sumaatmadjo (1998) Studi Geografi Bandung, Alumni 2. K. Wardiyatmoko (2004), geografi untuk SMA kelas X, Jakarta Erlangga Sumber / alat Gambar/chart geoster |
1.4. Mendeskripsikan aspek geologi | · Aspek geografi - Aspek fisik (alamiah): Gejala-grjala alam yang timbul - Aspek social (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya. | · Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi · Secara kelompok mengkorelasikan gambar tentang aspek fisik dan sosial geografi · Secara individu membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan social dilingkungan daerah sekitar | · Mendeskripsikan aspek-aspek geografi · Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi · Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari. | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 2 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan Sumber / alat Gambar/chart geoster |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : X
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 22 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
2.1. Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya | · Tata Surya dan Jagad Raya 1) Hipotesis tentang terjadinya tata surya 2) Teori tentang terjadinya jagad raya. 3) Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta 4) Galaksi dalam jagad raya 5) Anggota tata surya | · Secara individu mengamati benda-benda langit pada malam hari di cakrawala · Secara kelompok diskusi tentang teori-teori terjadinya tata surya dan jagad raya · Secara kelompok, diskusi tentang anggapan-anggapan jagad raya dan alam semesta · Secara individu mendiskripsikan keberadaan galaksi dalam jagad raya · Secara individu mengidentifikasi anggota-anggota tata surya dari berbagai referensi. | · Membuat laporan pengamatan benda-benda langit · Menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagad raya · Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta · Mengidentifikasi galaksi dalam jagad raya · Mendiskripsikan anggota-anggota tata surya | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 16 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan Bahan / Alat : CD Pembelajaran |
2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi | · Proses terjadinya bumi · Karakteristik perlapisan bumi · Teori lempeng tektonik | · Mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya bumi dari beberapa referensi yang dikaji · Secara individu, mengkaji referensi tentang karakteristik perlapisan bumi · Secara kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi | · Mendeskripsikan tentang proses terjadinya bumi · Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi · Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung berapi dan gempa bumi | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Pilihan ganda Uraian berstruktur | 6 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan Bahan / Alat : Peta Geologi, gambar struktur lapisan bumi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : X
Semester : 2 ( dua )
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur Geosfer
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Lithosfer 1. Struktur lapisan kulit bumi 2. Tenaga endogen 1.1. Tektopnisme 2.1. Vulkamisme 3.1. Seisme 3. Tenaga Eksogen 3.1. Pelapukan 3.2. Pengikisan 3.3. Pengendapan · Pedosfer 1). Proses pembentukan tanah 2). Jenis dan cirri tanah di Indonesia 3). Erosi tanah 4). Penyebab 5). Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah | · Mengamati gambar/model jenis batuan pembentuk lapisan bumi · Secara individu mengamati patahan/slenk Semangko dari berbagai media pembelajaran · Secara individu mengamati gambar struktur instrusi magma · Secara kelompok, diskusi tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang dikeluarkan Gunung Merapi di kawasan Yogyakarta dari berbagai media massa (internet) · Secara kelompok, mengamati gambar/film rupa bumi sebagai akibat proses pelapukan, pengikisan dan pengendapan · Membaca refensi tentang proses pembentukan tanah di Indonesia · Secara kelompok mengidentifikasi jenis tanah pada peta (persebaran jenis tanah) Indonesia · Secara kelompok mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari berbagai referensi · Secara kelompok mengamati proses terjadinya erosi di DAS (contoh di Jawa tengah : Bengawan Solo) · Secara kelompok, diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di DAS (contoh di Riau : Sungai Siak) · Secara kelompok, diskusi tentang penanggulangan terjadinya erosi di DAS (contoh di Riau : Sungai Siak)) | · Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi · Membuat laporan tentang slenk Semangko · Menunjukkan bentuk-bentuk instrusi magma · Mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung Merapi · Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi (tsunami) · Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi · Membedakan jenis-jenis pelapukan · Mengidentifikasi jenis-jenis pelapukan · Mengidentifikasi jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda · Mengklasifikasi jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutan · Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia · Mengidentifikasi factor-faktor terjadinya erosi cara-cara penanggulangannya erosi · Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia · Mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya · Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkunagn sekitar · Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang lain serta dampaknya terhadap lingkungan · Mengidentifikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 10 x 45 10x45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan |
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Atmosfer 1). Ciri-ciri lapisan atmosfer 2). Unsur - unsur cuaca 5). Pemanasan Global (El Nino dan La Nina) | · Mengidentifikasi atmosfer dan pemanfaatannya melalui gambar struktur lapisan atmosfer · Mengamati dinamika unsur-unsur cuaca dari iklim (penyinaran, suhu, angina, awan, kelembaban, serta curah hujan) di sekitar sekolah. · Mengamati perbedaan negara-negara beriklim tropis, sub tropis dan dingin · Secara Individu menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang tersaji dalam LKS · Secara individu menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan ynag tersaji di dalam LKS · Mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina) | · Mengungkap kembali cirri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya. · Menganalisa dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin, awan, kelembaban, curah, peta dunia, persebaran negara-negara dan jenis iklimnya. · Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schimdt-Ferguson · Secara kelompok mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El-Nino dan La Nina · Secara individu membuat kliping tentang perubahan iklim global lengkap dengan rangkuman, tanggapan serta sumber kliping. | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 10 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan |
3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Hidrosfer 1). Siklus Hodrologi 2). Perairan Darat - Air Tanah - Sungai dan daerah Aliran Sungai (DAS) - Danau - Rawa 3). Perairan Laut - Zona Pesisir dan Laut - Klasifikasi Laut - Morfologi Laut - Gerakan air laut - Kualitas air | · Secara individu mengidentifikasi unsure utama siklus hidrologi dari berbagai referensi · Menggambar bagan siklus hidrologi hidrologi · Membaca referensi tentang berbagai jenis perairan darat · Secara kelompok, diskusi menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dari struktur lapisan tanah · Mengamati cirri-ciri sungai menurut profil memanjang di DAS lingkungan sekitar · Mengamati gambar pola aliran sungai Musi · Secara individu merumuskan pengertian DAS · Secara individu merumuskan penyebab rusaknya DAS · Diskusi tentang upaya pelestarian DAS · Mendiskusikan proses terjadinya danau Sentani · Mengungkap kembali tentang pantai, pasir, pesisir, gisikbeach dari berbagai referensi · Secara kelompok, diskusi tentang proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul · Melalui peragaan peta menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman dan wilayah kekuasaan suatu negara · Melalui bagan morfologi laut, menganalisa ,morfologi laut · Secara kelompok, mendiskusikan factor-faktor penyebab terjadinya gelombang · Secara individu membuat peta arus laut dunia · Secara individu menggambarkan kedudukan bulan, bumi dan matahari yang dapat menyebabkan pasang naik dan pasang surut · Secara kelompok, mengidentifikasi factor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut · Secara kelompok diskusi tentang factor yang menyebabkan perbedaan air laut, danau Sentani di Papua | · Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi · Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat · Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dan mengidentifikasi cirri-ciri sungai menurur profil memanjang · Mendeskripsikan DAS · Menganalisis factor penyebab kerusakan DAS · Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS · Mendeskripsikan proses terjadinya danau Sentani di Papua · Mendiskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan · Menjelaskan perbedaan pantai dengan pesisir · Menjelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul · Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan · Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut · Menunjukkan factor-faktor peyebab terjadinya gelombang · Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia · Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut · Mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut · Mengidentifikasi factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 10 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas X yang relevan Bahan / Alat : Chart (gambar-gambar) Kliping-kliping film CD pembelajaran interaktif |
Mengetahui Pekanbaru, 4 Juli 2010
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs. H.Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar