Sabtu, 05 Februari 2011

RPP Geografi SMA kelas XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                  Kelas/Semester            : XII/I
                                                  Pertemuan ke                          : 1 dan 2
      Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi   : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar       : - Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
                                                                   
Indikator                     :  - Menunjukkan komponen-komponen peta
- Memproyeksikan peta

I. Tujuan Pembelajaran
-          Melalui referensi yang ada, siswa dapat mengidentifikasi  komponen-komponen peta pada atlas
-          Melalui diskusi, siswa dapat memproyeksikan satu wilayah pada globe ke bidang datar

II.    Materi Pokok
-          Komponen peta
-          Proyeksi peta

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab, penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II






III
Pertemuan 1
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-     Guru menugaskan siswa mengamati peta, siswa mengidentifikasi komponen-komponen yang ada pada peta
-     Secara individu siswa membuat laporan tentang komponen-komponen yang ada pada peta

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test



15 menit







60 menit






15 menit

I






II







III
Pertemuan 2
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai



KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, diskusi tentang cara memproyeksikan suatu wilayah pada globe ke bidang datar
-          Siswa secara kelompok membuat laporan tentang macam-macam proyeksi peta
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Guru menugaskan siswa agar masing-masing kelompok   membawa plastic transparan, spidol transparan uentuk pertemuan berikutnya


15 menit






60 menit







15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :

Pertemuan 1 :
  1. Apa yang dimaksud dengan peta ?
  2. Jelaskanlah 2 macam peta berdasarkan isinya !
  3. Sebutkanlah komponen-komponen yang ada pada peta !

Pertemuan 2 :
  1. Apa yang dimaksud dengan proyeksi peta ?
  2. Sebutkan macam-macam proyeksi peta berdasarkan bidang proyeksi !
  3. Sebutkan macam-macam proyeksi peta berdasarkan posisi sumbu proyeksi !
  4. Sebutkan macam-macam proyeksi berdasarkan unsur yang dipertahankan !


                                                                                               
                                                                                                  Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran            : Geografi
                                                    Kelas/Semester            : XII/I
                                                    Pertemuan ke              : 3
           Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi   : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar       : - Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

Indikator                     :  - Membuat peta wilayah pada bidang datar

I.   Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat memetakan wilayah pada globe ke bidang datar

II.  Materi Pokok
-          Prinsip dasar peta dan pemetaan

III. Metode
-          Diskusi, informasi, demonstrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II








III
Pertemuan 3
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok mempraktekkan pemetaan satu wilayah dari globe ke bidang datar melalui 3 cara memproyeksikan peta dengan bantuan plastic transparan dan spidol transparan
-          Masing-masing kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya untuk dinilai oleh guru

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari




15 menit







60 menit








15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
-          Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :

Pertemuan 3 :
  1. Proyeksikanlah wilayah Indonesia dengan menggunakan bidang selinder !
  2. Proyeksikanlah wilayah Amerika Serikat dengan menggunakan bidang selinder !
  3. Proyeksikanlah wilayah Kutub Utara dengan menggunakan bidang datar !


                                                                                               
                                                                                                  Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                   Kelas/Semester             : XII/I
                                                   Pertemuan ke               : 4, 5, 6 dan 7
      Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit

Standar Kompetensi   : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar       :  - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Indikator                     :  - Menemtukan skala peta dan pengukuran pada peta
                                 - Membuat laporan data hasil pengukuran
                                 - Merumuskan data hasil pengukuran
                                 - Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

I. Tujuan Pembelajaran
     - Melalui informasi guru, siswa dapat menentukan skala peta dan pengukuran pada peta
     - Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengukur lokasi sekolah dengan bantuan kompas,    meteran dan busur
     - Melalui kerja kelompok, siswa mengolah data hasil pengukuran lokasi sekolah
     - Melalui kerja kelompok, siswa membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

II. Materi Pokok
-          Membuat peta lingkungan sekitar sekolah

III. Metode
-          Diskusi, informasi, demonstrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I







II





III
Pertemuan 4
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai


KEGIATAN INTI
-          Guru menginormasikan tentang cara menentukan  skala peta
-          Guru menginformasikan tentang pengukuran pada peta

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test



15 menit







60 menit





15 menit

I




II




III
Pertemuan 5
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, melakukan pengukuran lokasi sekolah dengan bantuan kompas, meteran dan busur

PENUTUP
- Siswa merumuskan hasil pengukuran



15 menit




60 menit




15 menit

I






II



III
Pertemuan 6
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-    Secara kelompok, siswa merumuskan data hasil pengukuran di lingkungan sekolah

PENUTUP
   - Bersama siswa secara klasikal merevisi hasil pengukuran di lapangan



15 menit






60 menit


15 menit

I




II



III
Pertemuan 7
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

PENUTUP
- Siswa mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk di nilai oleh guru


15 menit




60 menit



15 menit


V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay





SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 4 :
  1. Jika jarak titik A dan B di peta adalah 4 cm, hitunglah skala petanya jita jarak titik A dan B sebenarnya dilapangan adalah 15 km !
  2. Peta A skalanya 1 : 500.000, jarak titik X dan Y adalah 12 cm. Sedangkan pada peta B jarak titik X dan Y adalah 4 cm, tentukanlah skala peta B !
  3. Pada peta sebuah kontur, contur intervalnya adalah 50 m, tentukanlah berapa skala petanya !
  4. Jika kota A terletak 6° 30¢ LU dan kota B terletak 8° 45¢ LU, jarak kota A dan kota B di peta adalah 20 cm, tentukanlah skala petanya !

Pertemuan 5 :
  1. Apa perbedaan pengukuran arah dengan bearing dengan pengukuran arah dengan azimuth ?
  2. Tentukanlah arah titik dibawah ini dengan bearing :
    1. A = U 60° T
    2. B = S 75° B
  3. Tentukanlah arah titik di bawah ini dengan azimuth :
    1. P = azimuth 120°
    2. Q = azimuth 250°
  4. Lakukanlah pengukuran lingkungan sekitar sekolah !

Pertemuan 6 :
  1. Rumuskanlah data hasil pengukuran lingkungan sekolah !

Pertemuan 7 :
  1. Petakanlah lingkungan sekitar sekolah dari hasil pengukuran yang diperoleh !


                                                                                               
                                                                                                  Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                  Kelas/Semester            : XII/I
                                                  Pertemuan ke                          : 8, 9 dan 10
      Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi   : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar       :  - Menganalisis  lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan    
                                         peta
Indikator                     :  - Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
                                       - Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
                                       - Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

I. Tujuan Pembelajaran
     -   Melalui diskusi, siswa  dapat merumuskan manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
     -   Melalui diskusi, siswa dapat merumuskan manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
     -   Melalui diskusi, siswa membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

II. Materi Pokok
-          Menentukan lokasi industri dan pertanian

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I






II





III
Pertemuan 8
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, mendiskusikan tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test


15 menit







60 menit





15 menit

I





II




III
Pertemuan 9
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai


KEGIATAN INTI
- Secara kelompok, siswa mendiskusikan tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
- Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
   tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit





60 menit




15 menit

I






II




III
Pertemuan 10
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-    Secara kelompok, siswa  membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dalam bidang pertanian

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai


15 menit






60 menit




15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
-          Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay

 SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 8 :
  1. Apa perbedaan industri ekstraktif dengan industri non ekstraktif !
  2. Dengan menggunakan peta pemanfaatan lahan suatu wilayah, tentukanlah lokasi industri minuman di wilayah tersebut !
  3. Sebutkan 3 kriteria pemilihan lokasi industri yang berorientasi pada bahan mentah, pasar dan tenaga kerja !
  4. Jelaskanhah tentang Hk, Max Weber tentang lokasi industri !











Pertemuan 9 :
  1. Dengan menggunakan 3 macam peta tapi menggambarkan wilayah sama dan skala sama, lakukanlah overlay peta dan tentukan mana daerah yang cocok untuk pertanian, pemukiman dan hutan lindung !



Pertemuan 10:
  1. Sebutkanlah pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian !

                                                                                               
                                                                                                  Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                   






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                    Kelas/Semester        : XII/I
                                                    Pertemuan ke            : 11, 12 dan 13
      Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : - Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh

Kompetensi Dasar     : - Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh

Indikator                     : - Menjelaskan pengertian penginderaan jauh
                                       - Membedakan unsure-unsur penginderaan jauh
                                       - Mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
                                       - Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus banjir di Kampar

I. Tujuan Pembelajaran
     - Melalui referensi , siswa dapat mengungkapkan pengertian penginderaan jauh
     - Melalui diskusi, siswa dapat unsure-unsur penginderaan jauh
     - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
     - Melalui mass media, siswa dapat membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus banjir di Kampar

II. Materi Pokok
-          Pengertian penginderaan jauh
-          Mengidentifikasi unsure-unsur citra penginderaan jauh
-          Pemanfaatan citra pengnderaan jauh

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I






II








III
Pertemuan 11
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa mengungkapkan kembali pengertian penginderaan jauh dari beberapa referensi secara mandiri
-          Secara kelompok, siswa mengamati unsure-unsur citra penginderaan jauh dari citra yang tersedia
-          Secara kelompok siswa membuat laporan untuk dinilai oleh guru

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test





15 menit







60 menit







15 menit

I




II




III
Pertemuan 12
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi manfaat citra penginderaan jauh
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
   tentang materi yang telah dipelajari
- Post test



15 menit




60 menit




15 menit

I






II




III
Pertemuan 13
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-    Secara individu melalui internet, siswa membuat kliping tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus kabut asap di Riau !

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai


15 menit






60 menit




15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
    
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 11 :
  1. Apa yang dimaksud dengan penginderaan jauh ?
  2. Sebutkanlah komponen-komponen dalam penginderaan jauh !
  3. Sebutkanlah unsur-unsur interpretasi dalam penginderaan jauh !
  4. Unsur-unsur interpretasi apa saja yang digunakan dalam menentukan objek bentang alam sawah dan jalan raya ?


Pertemuan 12 :
  1. Sebutkanlah masing-masing 3 manfaat penginderaan jauh dalam bidang hidrologi, dan geologi !
  2. Sebutkan 3 manfaat penginderaan jauh di bidang oseanografi dan geomorfologi !

Pertemuan 13 :
  1. Buatlah kliping tentang pemanfaatan penginderaan jauh dalam kasus kabut asap di Riau !

                                                                                          
                                                                                                  Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                   


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                  Kelas/Semester            : XII/I
                                                  Pertemuan ke                          : 14, 15, 16 dan 17
      Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit

Standar Kompetensi : - Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh Sistem Informasi
                                        Geografi

Kompetensi Dasar     : - Menjelaskan pemanfaatan system informasi geografi

Indikator                     : - Merumuskan konsep dasar SIG
                                       - Mengidentifikasi komponen-komponen SIG
                                       - Melakukan tahapan kerja SIG
                                       - Memberi contoh mengoverlaykan peta transparan
                                       - Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/fotocopy
                                       - Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi

I. Tujuan Pembelajaran
     - Melalui referensi, siswa dapat mengungkapkan konsep dasar SIG
    - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen SIG
    - Melalui diskusi, siswa dapatmenentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG
    - Melalui data di lapangan, siswa dapat mengoverlaykan peta transparan
    - Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/fotocopy
    - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi manfaat SIG dalam kajian geografi

II. Materi Pokok
-          Merumuskan konsep dasar dan komponen SIG
-          Tahapan kerja SIG
-          Pengoperasian SIG secara konvensional
-          Penerapan SIG dalam kajian geografi
-          Manfaat SIG dalam kajian geografi

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab, demonstrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I






II








III
Pertemuan 14
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Dengan referensi yang ada, siswa dapat mengungkapkan konsep dasar SIG
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi komponen-komponen SIG
-          Secara kelompok, siswa menentukan tahapan-tahapan kerja SIG
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test


15 menit







60 menit








15 menit

I




II














III
Pertemuan 15
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, melakukan observasi ke kelurahan terdekat tentang kependudukan
-          Secara kelompok, mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang
-          Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu
-          Secara kelompok membuat peta tematik tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian
-          Melakukan kegiatan mengoverlaykan transparansi peta
-          Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta
-          Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
   tentang materi yang telah dipelajari


15 menit




60 menit














15 menit

I






II




III
Pertemuan 16
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi pertanian, industri dan pemukiman

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai


15 menit






60 menit




15 menit

I







II




III
Pertemuan 17
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai



KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi
-          Melaporkan hasil diskusin untuk dinilai oleh guru

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai


15 menit







60 menit




15 menit


V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
                                                                                             
  SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 14 :
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan SIG !
  2. Sebutkanlah komponen-komponen SIG !
  3. Jelaskan tentang tahaoan kerja SIG !

Pertemuan 15 :
  1. Buatlah laporan tentang hasil overlay peta kependudukan di kelurahan terdekat !

Pertemuan 16 :
  1. Buatlah peta tentang penerapan SIG dalam menentukan lokasi pertanian, pemukiman dan industri dari peta yang tersedia !

Pertemuan 17 :
  1. Sebutkanlah manfaat SIG  dalam pemetaan sumberdaya alam !
  2. Sebutkanlah manfaat SIG dalam pertanian dan kehutanan !
  3. Sebutkan manfaat SIS dalam perencanaan, pemantauan daerah pantai dan laut !
  4. Sebutkan manfaat SIG dalam pemantauan bencana alam !

                                                                                                Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                    









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                  Kelas/Semester            : XII/II
                                                  Pertemuan ke                          : 1, 2, 3 dan 4
      Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan

Kompetensi Dasar     : - Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi  
                                        spasial desa dan kota

Indikator                     : - Mengidentifikasikan potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
                                       - Mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang desa
                                       - Mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang kota
                                       - Menganalisis model-model teori struktur spasial kota
                                       - Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial kota
                                       - Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah

I. Tujuan Pembelajaran
     - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasikan potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
     - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang desa
     - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang kota
     - Melaui diskusi, siswa dapat menganalisis model-model teori struktur spasial kota
     - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial kota
     - Melalui informasi guru, siswa dapat menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah

II. Materi Pokok
-          Potensi desa
-          Struktur ruang desa dan kota
-          Interaksi desa dan kota

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I





II





III
Pertemuan 1
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai
KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test


15 menit





60 menit





15 menit

I




II






III
Pertemuan 2
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok,siswa diskusi tentang ciri-ciri struktur desa
-          Secara kelompok, siswa diskusi tentang cirri-ciri struktur kota
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
   tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




60 menit






15 menit

I






II








III
Pertemuan 3
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, siswa menganalisis model-model teori struktur spasial kota
-          Secara kelompok, siswa mengungkapkan kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa kota dari erbagai referensi
-          Masing-masing kelompok membuat laporan untuk di nilai oleh guru

PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai



15 menit






60 menit








15 menit

I





II









III
Pertemuan 4
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru memberikan informasi tentang cara menghitung interaksi antara dua wilayah
-          Secara individu, menghiung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang disajikan dalamm LKS




PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai
-          Post test


15 menit






60 menit








15 menit


V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
                                                                                             
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 1 :
  1. Tuliskanlah pengertian desa menurut Prof. R. Bintarto !
  2. Sebutkanlah 3 unsur-unsur desa !
  3. Ada 2 macam potensi desa. Sebutkanlah dan jelaskan !
  4. Jelaskanlah manfaat potensi desa bagi masyarakat desa !

Pertemuan 2 :
  1. Sebutkanlah 4 ciri-ciri masyarakat desa !
  2. Jelaskanlah dengan gambar 4 macam pola desa !
  3. Sebutkan 4 ciri-ciri masyarakat kota !
  4. Sebutkanlah contoh kota yang tumbuh dari pusat perkebunan dan pertambangan !

Pertemuan 3 :
  1. Jelaskan dengan gambar tentang teori Konsentrik !
  2. Jelaskan dengan gambar tentang teori Sektoral !
  3. Sebutkanlah 4 faktor yang mempengaruhi interaksi desa kota !

Pertemuan 4 :
  1. Diketahui jumlah penduduk kota X = 45.000 jiwa, kota Y = 15.000 jiwa dan kota Z = 25.000 jiwa, sedangkan jarak X-Y = 50 km dan Y-Z = 75 km. Tentukanlah kekuatan interaksi antara ketiga wilayah tersebut !
  2. Dari data soal nomor 1, tentukanlah titik henti dari ketiga kota tersebut !

        
                                                                                                  Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  


Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                   





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran           : Geografi
                                                  Kelas/Semester           : XII/II
                                                  Pertemuan ke                         : 5, 6, 7, 8, dan 9
       Alokasi Waktu           : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan

Kompetensi Dasar     : - Menganalisis antara konsep wilayah dan perwilayahan dengan  perencanaan pembangunan wilayah

Indikator                     : - Merumuskan pengertian konsep wilayah dan perwilayahan
                                       - Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah termasuk ke dalam wilayah formal atau fungsional
                                       - Membedakan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah
                                       - Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS
                                       - Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
                                       - Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
                                       - Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
                                       - Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
                                       - Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
                                       - Menentukan tahapan fase karakteristik pertumbuhan kota
                                       - Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
                                       - Menunjukkan pada peta tentang pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
                                       - Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
                                       - Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat

I. Tujuan Pembelajaran
     -   Melalui referensi, siswa dapat merumuskan pengertian konsep wilayah dan perwilayahan
     -   Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kota-kota atau wilayah termasuk ke dalam wilayah formal atau fungsional
     -   Melalui diskusi, siswa dapat membedakan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah
     -   Melalui diskusi, siswa dapat menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS
     -   Melalui referensi, siswa dapat menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
     -   Melaui diskusi, siswa dapat menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
     -   Melalui diskusi, siswa dapat mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
     -   Melalui literatur, siswa dapat menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
     -   Melalui diskusi, sisa dapat mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
     -   Melalui literature, siswa dapat menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
     -   Melalui alat peraga peta, siswa dapat mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
     -   Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat

II. Materi Pokok
-          Konsep wilayah dan perwilayahan
-          Wilayah formal dan fungsional
-          Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
-          Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan
-          Karakteristik pertumbuhan kota
-          Teori tempat yang sentral
-          Teori kutub pertumbuhan
-          Pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab, demonstrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I





II





III
Pertemuan 5
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai
KEGIATAN INTI
-          Mengungkapkan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional dari berbagai referensi
-          Mengidentifikasi kota/wilayah yang termasuk kedalam wilayah formal dan fungsional

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test


15 menit





60 menit





15 menit

I




II








III
Pertemuan 6
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok,siswa diskusi tentang perbedaan generalisasi wilayah dengan klasifikasi wilayah
-          Secara kelompok, siswa menghitung delimitasi wilayah scara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS
-          Secara individu, menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan Nangro Aceh Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya tsunami
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
   tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




60 menit








15 menit

I





II







III
Pertemuan 7
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai
KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect
-          Secara kelompok menentukan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
-          Menelaah tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi

PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai



15 menit





60 menit







15 menit

I





II





III
Pertemuan 8
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Dengan melakukan kajian terhadap literature, siswa merumuskan pengertian pusat pertumbuhan
-          Melalui diskusi, mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan suatu kota

PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai
-          Post test


15 menit






60 menit




15 menit


I





II












III
Pertemuan 9
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
-          Secara kelompok, diskusi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
-          Secara kelompok, dengan alat peraga peta, mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
-          Secara kelompok, diskusi tentang pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat

PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai
-          Post test


15 menit






60 menit











15 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay

SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 5 :
1.      Apa yang dimaksud dengan wilayah formal ?
2.      Apa yang dimaksud dengan wilayah nodal ?
3.      Sebutkanlah contoh-contoh wilayah formal dan wilayah nodal !

Pertemuan 6 :
  1. Jelaskan perbedaan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah ?
  2. Dengan menggunakan foto udara wilayah Aceh tentukanlah batas wilayah Aceh sebelum tsunami dan setelah tsunami !

Pertemuan 7 :
  1. Jelaskanlah perbedaan sprad effect dan backwash effect !
  2. Sebutkanlah fase-fase pertumbuhan suatu wilayah !
  3. Dengan mengamati peta wilayah pusat pertumbuhan Indonesia, tentukanlah batas-batas wilayah pertumbuhan di Indonesia !

Pertemuan 8 :
  1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pusat pertumbuhan ?
  2. Bagaimanakah karakteristik pertumbuhan suatu kota ?

Pertemuan 9 :
  1. Jelaskan tentang teori tempat yang sentral !
  2. Gambarkan 3 macam hirarki tempat yang sentral !
  3. Jelaskan tentang teori kutub pertumbuhan !
  4. Jelaskan tahapan perkembangan negara menurut Rostow !
  5. Sebutkan masing-masing 3 pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan sosial budaya masyarakat !

                                                                                             
                                                                                                  Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  


Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                   







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Geografi
                                                  Kelas/Semester           : XII/II
                                                  Pertemuan ke                          : 10, dan 11
      Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan

Kompetensi Dasar     : - Menganalisis wilayah Negara maju dan Negara berkembang

Indikator                     : - Mengidentifikasi ciri/indicator Negara maju dan Negara berkembang
                                       - Memberikan contoh ukuran keberhasilan Negara maju menurut UNRISD ( United Nations Research Institute for Social Development) tahun 1997
                                       - Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
                                       - Memberikan contoh Negara-negara berkembang
                                       - Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah Negara maju
                                       - Mengemukakan model pengembangan wilayah Negara berkembang
                                       - Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

I. Tujuan Pembelajaran
     -  Melalui literature, siswa dapat mengungkapkan kembali cirri/indicator Negara maju dan Negara berkembang
     -  Melalui literatur, siswa dapat mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tshun 1997
     -  Melalui diskusi, siswa dapat engidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
     -  Melalui diskusi, siswa dapat memberikan contoh Negara-negara berkembang
     -  Melalui diskusi, siswa dapat manganalisis beberapa model pengembangan wilayah Negara maju
     -  Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi beberapa model pengembangan wilayah Negara berkembang
     -  Melalui diskusi, siswa dapat menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

II. Materi Pokok
-          Indikator Negara maju dan Negara berkembang
-          Ukuran keberhasilan pembangunan dari UNRISD tahun 1997
-          Tahapan perkembangan Negara menurut Rostow
-           Contoh-contoh Negara maju dan Negara berkembang
-           Model pengembangan wilayan Negara maju dan Negara berkembang
-          Pola pembangunan dan pengembangan wilayah Indonesia

III. Metode
-          Diskusi, informasi, tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I





II










III
Pertemuan 10
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru menginformasikan kompetensi dasar yang  hendak
  dicapai
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai
KEGIATAN INTI
-          Siswa mengungkapkan kembali ciri/indicator Negara maju dan Negara berkembang dari berbagai referensi
-          Mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tahun 1997
-          Secara kelompok,siswa diskusi tentang tahapan tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi contoh-contoh Negara maju dan Negara berkembang

PENUTUP
      - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
        tentang materi yang telah dipelajari
-     Post test


15 menit





60 menit










15 menit

I






II











III
Pertemuan 11
PENDAHULUAN
Motivasi :
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
  dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok menganalisis beberapa model pengembangan wilayah Negara maju dengan gambar pola bentuk kota di Negara maju
-          Secara kelompok mengidentifikasi model pengembangan Negara berkembang
-          Secara kelompok, diskusi tentang pola pembangunan/pengembangan wilayah di Indonesia
-          Secara kelompok membuat laporan tulisan tantang pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

PENUTUP
-          Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai

15 menit






60 menit











15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
                                 





                                                           
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pertemuan 10 :
  1. Sebutkanlah 4 ciri-ciri negara berkembang !
  2. Sebutkanlah 4 ciri-ciri negara maju !
  3. Jelaskanlah ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tahun 1997
  4. Sebutkan masing-masing 3 contoh negara maju dan negara berkembang !

Pertemuan 11 :
  1. Gambarkanlah 2 model pengembangan wilayah negara maju !
  2. Gambarkanlah 2 model pengembangan wilayah negara berkembang !


                                                                                                  Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  


Drs.H. Nurfaisal, M.Pd                                                             Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                    NIP. 19680422 199403 2003                                                                   






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar