RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : - Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Menunjukkan komponen-komponen peta
- Memproyeksikan peta
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi yang ada, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen peta pada atlas
- Melalui diskusi, siswa dapat memproyeksikan satu wilayah pada globe ke bidang datar
II. Materi Pokok
- Komponen peta
- Proyeksi peta
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab, penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 1 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Guru menugaskan siswa mengamati peta, siswa mengidentifikasi komponen-komponen yang ada pada peta - Secara individu siswa membuat laporan tentang komponen-komponen yang ada pada peta PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 2 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, diskusi tentang cara memproyeksikan suatu wilayah pada globe ke bidang datar - Siswa secara kelompok membuat laporan tentang macam-macam proyeksi peta - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Guru menugaskan siswa agar masing-masing kelompok membawa plastic transparan, spidol transparan uentuk pertemuan berikutnya | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 1 :
- Apa yang dimaksud dengan peta ?
- Jelaskanlah 2 macam peta berdasarkan isinya !
- Sebutkanlah komponen-komponen yang ada pada peta !
Pertemuan 2 :
- Apa yang dimaksud dengan proyeksi peta ?
- Sebutkan macam-macam proyeksi peta berdasarkan bidang proyeksi !
- Sebutkan macam-macam proyeksi peta berdasarkan posisi sumbu proyeksi !
- Sebutkan macam-macam proyeksi berdasarkan unsur yang dipertahankan !
Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : - Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Membuat peta wilayah pada bidang datar
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memetakan wilayah pada globe ke bidang datar
II. Materi Pokok
- Prinsip dasar peta dan pemetaan
III. Metode
- Diskusi, informasi, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 3 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok mempraktekkan pemetaan satu wilayah dari globe ke bidang datar melalui 3 cara memproyeksikan peta dengan bantuan plastic transparan dan spidol transparan - Masing-masing kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya untuk dinilai oleh guru PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 3 :
- Proyeksikanlah wilayah Indonesia dengan menggunakan bidang selinder !
- Proyeksikanlah wilayah Amerika Serikat dengan menggunakan bidang selinder !
- Proyeksikanlah wilayah Kutub Utara dengan menggunakan bidang datar !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 4, 5, 6 dan 7
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Menemtukan skala peta dan pengukuran pada peta
- Membuat laporan data hasil pengukuran
- Merumuskan data hasil pengukuran
- Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui informasi guru, siswa dapat menentukan skala peta dan pengukuran pada peta
- Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengukur lokasi sekolah dengan bantuan kompas, meteran dan busur
- Melalui kerja kelompok, siswa mengolah data hasil pengukuran lokasi sekolah
- Melalui kerja kelompok, siswa membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
II. Materi Pokok
- Membuat peta lingkungan sekitar sekolah
III. Metode
- Diskusi, informasi, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 4 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Guru menginormasikan tentang cara menentukan skala peta - Guru menginformasikan tentang pengukuran pada peta PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 5 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, melakukan pengukuran lokasi sekolah dengan bantuan kompas, meteran dan busur PENUTUP - Siswa merumuskan hasil pengukuran | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 6 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa merumuskan data hasil pengukuran di lingkungan sekolah PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal merevisi hasil pengukuran di lapangan | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 7 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan PENUTUP - Siswa mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk di nilai oleh guru | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 4 :
- Jika jarak titik A dan B di peta adalah 4 cm, hitunglah skala petanya jita jarak titik A dan B sebenarnya dilapangan adalah 15 km !
- Peta A skalanya 1 : 500.000, jarak titik X dan Y adalah 12 cm. Sedangkan pada peta B jarak titik X dan Y adalah 4 cm, tentukanlah skala peta B !
- Pada peta sebuah kontur, contur intervalnya adalah 50 m, tentukanlah berapa skala petanya !
- Jika kota A terletak 6° 30¢ LU dan kota B terletak 8° 45¢ LU, jarak kota A dan kota B di peta adalah 20 cm, tentukanlah skala petanya !
Pertemuan 5 :
- Apa perbedaan pengukuran arah dengan bearing dengan pengukuran arah dengan azimuth ?
- Tentukanlah arah titik dibawah ini dengan bearing :
- A = U 60° T
- B = S 75° B
- Tentukanlah arah titik di bawah ini dengan azimuth :
- P = azimuth 120°
- Q = azimuth 250°
- Lakukanlah pengukuran lingkungan sekitar sekolah !
Pertemuan 6 :
- Rumuskanlah data hasil pengukuran lingkungan sekolah !
Pertemuan 7 :
- Petakanlah lingkungan sekitar sekolah dari hasil pengukuran yang diperoleh !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 8, 9 dan 10
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : - Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan
peta
Indikator : - Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
- Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
- Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui diskusi, siswa dapat merumuskan manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
- Melalui diskusi, siswa dapat merumuskan manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
- Melalui diskusi, siswa membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
II. Materi Pokok
- Menentukan lokasi industri dan pertanian
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 8 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi atas 6 kelompok, mendiskusikan tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 9 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa mendiskusikan tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 10 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dalam bidang pertanian PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 8 :
- Apa perbedaan industri ekstraktif dengan industri non ekstraktif !
- Dengan menggunakan peta pemanfaatan lahan suatu wilayah, tentukanlah lokasi industri minuman di wilayah tersebut !
- Sebutkan 3 kriteria pemilihan lokasi industri yang berorientasi pada bahan mentah, pasar dan tenaga kerja !
- Jelaskanhah tentang Hk, Max Weber tentang lokasi industri !
Pertemuan 9 :
- Dengan menggunakan 3 macam peta tapi menggambarkan wilayah sama dan skala sama, lakukanlah overlay peta dan tentukan mana daerah yang cocok untuk pertanian, pemukiman dan hutan lindung !
Pertemuan 10:
- Sebutkanlah pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 11, 12 dan 13
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh
Kompetensi Dasar : - Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
Indikator : - Menjelaskan pengertian penginderaan jauh
- Membedakan unsure-unsur penginderaan jauh
- Mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
- Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus banjir di Kampar
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi , siswa dapat mengungkapkan pengertian penginderaan jauh
- Melalui diskusi, siswa dapat unsure-unsur penginderaan jauh
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
- Melalui mass media, siswa dapat membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus banjir di Kampar
II. Materi Pokok
- Pengertian penginderaan jauh
- Mengidentifikasi unsure-unsur citra penginderaan jauh
- Pemanfaatan citra pengnderaan jauh
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 11 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa mengungkapkan kembali pengertian penginderaan jauh dari beberapa referensi secara mandiri - Secara kelompok, siswa mengamati unsure-unsur citra penginderaan jauh dari citra yang tersedia - Secara kelompok siswa membuat laporan untuk dinilai oleh guru PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 12 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa mengidentifikasi manfaat citra penginderaan jauh - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 13 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu melalui internet, siswa membuat kliping tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus kabut asap di Riau ! PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 11 :
- Apa yang dimaksud dengan penginderaan jauh ?
- Sebutkanlah komponen-komponen dalam penginderaan jauh !
- Sebutkanlah unsur-unsur interpretasi dalam penginderaan jauh !
- Unsur-unsur interpretasi apa saja yang digunakan dalam menentukan objek bentang alam sawah dan jalan raya ?
Pertemuan 12 :
- Sebutkanlah masing-masing 3 manfaat penginderaan jauh dalam bidang hidrologi, dan geologi !
- Sebutkan 3 manfaat penginderaan jauh di bidang oseanografi dan geomorfologi !
Pertemuan 13 :
- Buatlah kliping tentang pemanfaatan penginderaan jauh dalam kasus kabut asap di Riau !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 14, 15, 16 dan 17
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh Sistem Informasi
Geografi
Kompetensi Dasar : - Menjelaskan pemanfaatan system informasi geografi
Indikator : - Merumuskan konsep dasar SIG
- Mengidentifikasi komponen-komponen SIG
- Melakukan tahapan kerja SIG
- Memberi contoh mengoverlaykan peta transparan
- Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/fotocopy
- Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat mengungkapkan konsep dasar SIG
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen SIG
- Melalui diskusi, siswa dapatmenentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG
- Melalui data di lapangan, siswa dapat mengoverlaykan peta transparan
- Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/fotocopy
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi manfaat SIG dalam kajian geografi
II. Materi Pokok
- Merumuskan konsep dasar dan komponen SIG
- Tahapan kerja SIG
- Pengoperasian SIG secara konvensional
- Penerapan SIG dalam kajian geografi
- Manfaat SIG dalam kajian geografi
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 14 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Dengan referensi yang ada, siswa dapat mengungkapkan konsep dasar SIG - Secara kelompok, siswa mengidentifikasi komponen-komponen SIG - Secara kelompok, siswa menentukan tahapan-tahapan kerja SIG - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 15 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, melakukan observasi ke kelurahan terdekat tentang kependudukan - Secara kelompok, mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang - Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu - Secara kelompok membuat peta tematik tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian - Melakukan kegiatan mengoverlaykan transparansi peta - Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta - Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 16 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi pertanian, industri dan pemukiman PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 17 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi - Melaporkan hasil diskusin untuk dinilai oleh guru PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 14 :
- Jelaskan yang dimaksud dengan SIG !
- Sebutkanlah komponen-komponen SIG !
- Jelaskan tentang tahaoan kerja SIG !
Pertemuan 15 :
- Buatlah laporan tentang hasil overlay peta kependudukan di kelurahan terdekat !
Pertemuan 16 :
- Buatlah peta tentang penerapan SIG dalam menentukan lokasi pertanian, pemukiman dan industri dari peta yang tersedia !
Pertemuan 17 :
- Sebutkanlah manfaat SIG dalam pemetaan sumberdaya alam !
- Sebutkanlah manfaat SIG dalam pertanian dan kehutanan !
- Sebutkan manfaat SIS dalam perencanaan, pemantauan daerah pantai dan laut !
- Sebutkan manfaat SIG dalam pemantauan bencana alam !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/II
Pertemuan ke : 1, 2, 3 dan 4
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan
Kompetensi Dasar : - Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi
spasial desa dan kota
Indikator : - Mengidentifikasikan potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
- Mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang desa
- Mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang kota
- Menganalisis model-model teori struktur spasial kota
- Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial kota
- Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasikan potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang desa
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri struktur ruang kota
- Melaui diskusi, siswa dapat menganalisis model-model teori struktur spasial kota
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial kota
- Melalui informasi guru, siswa dapat menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
II. Materi Pokok
- Potensi desa
- Struktur ruang desa dan kota
- Interaksi desa dan kota
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 1 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa dibagi atas 6 kelompok, diskusi tentang potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 2 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok,siswa diskusi tentang ciri-ciri struktur desa - Secara kelompok, siswa diskusi tentang cirri-ciri struktur kota - Presentase hasil diskusi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 3 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa menganalisis model-model teori struktur spasial kota - Secara kelompok, siswa mengungkapkan kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa kota dari erbagai referensi - Masing-masing kelompok membuat laporan untuk di nilai oleh guru PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 4 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Guru memberikan informasi tentang cara menghitung interaksi antara dua wilayah - Secara individu, menghiung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang disajikan dalamm LKS PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 1 :
- Tuliskanlah pengertian desa menurut Prof. R. Bintarto !
- Sebutkanlah 3 unsur-unsur desa !
- Ada 2 macam potensi desa. Sebutkanlah dan jelaskan !
- Jelaskanlah manfaat potensi desa bagi masyarakat desa !
Pertemuan 2 :
- Sebutkanlah 4 ciri-ciri masyarakat desa !
- Jelaskanlah dengan gambar 4 macam pola desa !
- Sebutkan 4 ciri-ciri masyarakat kota !
- Sebutkanlah contoh kota yang tumbuh dari pusat perkebunan dan pertambangan !
Pertemuan 3 :
- Jelaskan dengan gambar tentang teori Konsentrik !
- Jelaskan dengan gambar tentang teori Sektoral !
- Sebutkanlah 4 faktor yang mempengaruhi interaksi desa kota !
Pertemuan 4 :
- Diketahui jumlah penduduk kota X = 45.000 jiwa, kota Y = 15.000 jiwa dan kota Z = 25.000 jiwa, sedangkan jarak X-Y = 50 km dan Y-Z = 75 km. Tentukanlah kekuatan interaksi antara ketiga wilayah tersebut !
- Dari data soal nomor 1, tentukanlah titik henti dari ketiga kota tersebut !
Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/II
Pertemuan ke : 5, 6, 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan
Kompetensi Dasar : - Menganalisis antara konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
Indikator : - Merumuskan pengertian konsep wilayah dan perwilayahan
- Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah termasuk ke dalam wilayah formal atau fungsional
- Membedakan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah
- Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS
- Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
- Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
- Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
- Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
- Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
- Menentukan tahapan fase karakteristik pertumbuhan kota
- Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
- Menunjukkan pada peta tentang pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
- Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
- Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat merumuskan pengertian konsep wilayah dan perwilayahan
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kota-kota atau wilayah termasuk ke dalam wilayah formal atau fungsional
- Melalui diskusi, siswa dapat membedakan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah
- Melalui diskusi, siswa dapat menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS
- Melalui referensi, siswa dapat menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
- Melaui diskusi, siswa dapat menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
- Melalui diskusi, siswa dapat mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
- Melalui literatur, siswa dapat menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
- Melalui diskusi, sisa dapat mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
- Melalui literature, siswa dapat menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
- Melalui alat peraga peta, siswa dapat mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
- Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat
II. Materi Pokok
- Konsep wilayah dan perwilayahan
- Wilayah formal dan fungsional
- Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
- Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan
- Karakteristik pertumbuhan kota
- Teori tempat yang sentral
- Teori kutub pertumbuhan
- Pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 5 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Mengungkapkan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional dari berbagai referensi - Mengidentifikasi kota/wilayah yang termasuk kedalam wilayah formal dan fungsional PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 6 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok,siswa diskusi tentang perbedaan generalisasi wilayah dengan klasifikasi wilayah - Secara kelompok, siswa menghitung delimitasi wilayah scara kuantitatif dari data yang tersedia pada LKS - Secara individu, menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan Nangro Aceh Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya tsunami PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 7 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect - Secara kelompok menentukan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah - Menelaah tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 8 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Dengan melakukan kajian terhadap literature, siswa merumuskan pengertian pusat pertumbuhan - Melalui diskusi, mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan suatu kota PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 9 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa mengidentifikasi perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan - Secara kelompok, diskusi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow - Secara kelompok, dengan alat peraga peta, mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia - Secara kelompok, diskusi tentang pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 5 :
1. Apa yang dimaksud dengan wilayah formal ?
2. Apa yang dimaksud dengan wilayah nodal ?
3. Sebutkanlah contoh-contoh wilayah formal dan wilayah nodal !
Pertemuan 6 :
- Jelaskan perbedaan generalisasi wilayah dan klasifikasi wilayah ?
- Dengan menggunakan foto udara wilayah Aceh tentukanlah batas wilayah Aceh sebelum tsunami dan setelah tsunami !
Pertemuan 7 :
- Jelaskanlah perbedaan sprad effect dan backwash effect !
- Sebutkanlah fase-fase pertumbuhan suatu wilayah !
- Dengan mengamati peta wilayah pusat pertumbuhan Indonesia, tentukanlah batas-batas wilayah pertumbuhan di Indonesia !
Pertemuan 8 :
- Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pusat pertumbuhan ?
- Bagaimanakah karakteristik pertumbuhan suatu kota ?
Pertemuan 9 :
- Jelaskan tentang teori tempat yang sentral !
- Gambarkan 3 macam hirarki tempat yang sentral !
- Jelaskan tentang teori kutub pertumbuhan !
- Jelaskan tahapan perkembangan negara menurut Rostow !
- Sebutkan masing-masing 3 pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan sosial budaya masyarakat !
Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII/II
Pertemuan ke : 10, dan 11
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : - Menganalisis wilayah dan perwilayahan
Kompetensi Dasar : - Menganalisis wilayah Negara maju dan Negara berkembang
Indikator : - Mengidentifikasi ciri/indicator Negara maju dan Negara berkembang
- Memberikan contoh ukuran keberhasilan Negara maju menurut UNRISD ( United Nations Research Institute for Social Development) tahun 1997
- Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
- Memberikan contoh Negara-negara berkembang
- Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah Negara maju
- Mengemukakan model pengembangan wilayah Negara berkembang
- Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui literature, siswa dapat mengungkapkan kembali cirri/indicator Negara maju dan Negara berkembang
- Melalui literatur, siswa dapat mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tshun 1997
- Melalui diskusi, siswa dapat engidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow
- Melalui diskusi, siswa dapat memberikan contoh Negara-negara berkembang
- Melalui diskusi, siswa dapat manganalisis beberapa model pengembangan wilayah Negara maju
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi beberapa model pengembangan wilayah Negara berkembang
- Melalui diskusi, siswa dapat menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia
II. Materi Pokok
- Indikator Negara maju dan Negara berkembang
- Ukuran keberhasilan pembangunan dari UNRISD tahun 1997
- Tahapan perkembangan Negara menurut Rostow
- Contoh-contoh Negara maju dan Negara berkembang
- Model pengembangan wilayan Negara maju dan Negara berkembang
- Pola pembangunan dan pengembangan wilayah Indonesia
III. Metode
- Diskusi, informasi, tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 10 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa mengungkapkan kembali ciri/indicator Negara maju dan Negara berkembang dari berbagai referensi - Mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tahun 1997 - Secara kelompok,siswa diskusi tentang tahapan tahapan perkembangan Negara menurut W.W Rostow - Secara kelompok, siswa mengidentifikasi contoh-contoh Negara maju dan Negara berkembang PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 11 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok menganalisis beberapa model pengembangan wilayah Negara maju dengan gambar pola bentuk kota di Negara maju - Secara kelompok mengidentifikasi model pengembangan Negara berkembang - Secara kelompok, diskusi tentang pola pembangunan/pengembangan wilayah di Indonesia - Secara kelompok membuat laporan tulisan tantang pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dicapai | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 10 :
- Sebutkanlah 4 ciri-ciri negara berkembang !
- Sebutkanlah 4 ciri-ciri negara maju !
- Jelaskanlah ukuran keberhasilan pembangunan menurut UNRISD tahun 1997
- Sebutkan masing-masing 3 contoh negara maju dan negara berkembang !
Pertemuan 11 :
- Gambarkanlah 2 model pengembangan wilayah negara maju !
- Gambarkanlah 2 model pengembangan wilayah negara berkembang !
Pekanbaru, 16 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar