Sabtu, 05 Februari 2011

RPP Geografi SMA kelas XI semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  1
                                          Alokasi Waktu      :  3 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer

Indikator                     : -  Menjelaskan pengertian fenomana biosfer

     - Mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap   keberadaan flora dan fauna

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  referensi , siswa dapat menjelaskan pengertian fenomena biosfer
- Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap   keberadaan flora dan fauna

II. Materi Pokok
         1.  Pengertian fenomena biosfer
         2. Factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II







III
Pertemuan 1
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
- Secara individu, siswa menggali informasi tentang pengertian fenomena biosfer

- Secara kelompok, siswa mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh terhadap   keberadaan flora dan fauna


PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit






15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2  001

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  2 dan 3
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan

Indikator               : -  Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
                                                
I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  diskusi, siswa dapat mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
                                                
II. Materi Pokok
    - Persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II








III
Pertemuan 2
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang sebaran flora di dunia dan membuat table daftar sebaran flora  di dunia
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok membuat Peta Persebaran Flora di Dunia
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi pengelompokan flora di dunia

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




100 menit






20 menit

I




II








III
Pertemuan 3
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang sebaran fauna di dunia dan membuat table daftar sebaran fauna di dunia
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok membuat Peta Persebaran Fauna di Dunia
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi pengelompokan faunadi dunia

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit






15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2  001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  4 dan 5
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan

Indikator               : -  Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
                                                
I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  diskusi, siswa dapat mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
                                                
II. Materi Pokok
    - Persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II








III
Pertemuan 4
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang sebaran flora di Indonesia dan membuat table daftar sebaran flora  di Indonesia
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok membuat Peta Persebaran Flora di Indonesia
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi pengelompokan flora di Indonesia

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




60 menit







15 menit

I




II








III
Pertemuan 5
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang sebaran fauna di Indonesia dan membuat table daftar sebaran fauna di Indonesia
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok membuat Peta Persebaran Fauna di Indonesia
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi pengelompokan faunadi Indonesia

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit







15 menit

V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2  001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  6
                                          Alokasi Waktu      :  3 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan

Indikator               : -  Menyimpulkan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui  diskusi, siswa dapat menyimpulkan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan

II. Materi Pokok
    - Hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II








III
Pertemuan 6
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang sebaran fauna di Indonesia dan membuat table daftar sebaran fauna di Indonesia
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok, masing-masing kelompok membuat Peta Persebaran Fauna di Indonesia
-          Secara kelompok, siswa mengidentifikasi pengelompokan faunadi Indonesia

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




60 menit







15 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2  001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  7 dan 8
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.3  Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer

Indikator               : -  Menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk
                                 -  Mengidentifikasi jenis-jenis sensus
                                 -  Menganalisis jumlah dan persebaran penduduk Indonesia

I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui referensi, siswa dapat menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk
   - Melalui referensi, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis sensus
   - Meleui informasi guru, siswa dapat menganalisis jumlah dan persebaran penduduk Indonesia

II. Materi Pokok
-          Jenis-jenis sensus
-          Jumlah dan persebaran penduduk Indonesia

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II







III
Pertemuan 7
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk
-          Guru menugaskan lepada siswa membaca referensi tentang macam-macam sensus serta menganalisa kelebihan dan kelemahannya



PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




100 menit







20 menit

I




II







III
Pertemuan 8
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Guru menugaskan siswa membaca referensi tentang hal-hal yang menyebabkan persebaran penduduk di Indonesia tidak merata
-          Guru menginformasikan kepada siswa tentang cara menghitung kepadatan penduduk aritmatikadan kepadatan penduduk agraris  suatu daerah

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit




100 menit







20 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  9 dan 10
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.3  Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
                                                                                               
Indikator               : - Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
                                      - Menghitung sex ratio dan dependency ratio

 I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
   -   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menghitung sex ratio dan dependency ratio

II. Materi Pokok
-          Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin
-          Menghitung dependency ratio dan sex ratio

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II





III
Pertemuan 9
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Secara kelompok, menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin dari data yang ada ( 5 kelompok berbeda data)
-          Presentase hasil diskusi

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit




100 menit






20 menit

I




II






III
Pertemuan 10
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Setelah menerima informasi dari guru tentang menghitung sex ratio dan dependency ratio, siswa dapat menghitung sex ratio dan dependency ratio suatu wilayah yang sudah ada datanya


PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





100 menit







20 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2 001








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  11
                                          Alokasi Waktu      :  3 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.3  Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
                                                                                               
Indikator               : - Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
                                                                                  
 I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
                                                                                  
II. Materi Pokok
      - Kualitas penduduk
         a.   tingkat pendidikan
              b.   tingkat kesehatan

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II






III
Pertemuan 11
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok , mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
-          Presentase hasil diskusi


PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





100 menit






20 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2 001

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  12 dan 13
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.4   Menganalisis aspek kependudukan
                                                                                               
Indikator               : -  Menghitung tingkat kelahiran penduduk
                               -  Menghitung tingkat kematian penduduk
                               -  Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
                               -  Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah

 I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui diskusi, siswa dapat menghitung tingkat kelahiran penduduk
   - Melalui diskusi, siswa dapat menghitung tingkat kematian penduduk
   - Melalui diskusi, siswa dapat menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
   - Melalui diskusi, siswa dapat menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah
                                                                                               
II. Materi Pokok
1.      Angka kelahiran
2.      Angka kematian
3.      Pertumbuhsn penduduk
4.      Proyeksi penduduk

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II






III
Pertemuan 12
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok , menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan
-          Masing-masing kelompok menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan dilapangan
            
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit





100 menit






20 menit

I




II






III
Pertemuan 13
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok , menghitung pertumbuhan penduduk suatu daerah dari data hasil pencatatan di lapangan
-          Masing-masing kelompok menghitung proyeksi penduduk suatu daerah dari data hasil pencatatan dilapangan
            
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





100 menit






20 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                Mata Pelajaran        :  Geografi
                                          Kelas/Semester     :  XI IPS/I
                                          Pertemuan ke        :  14 dan 15
                                          Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit
                                          
Standar Kompetensi   :  1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
                                               
Kompetensi Dasar     :  1.4   Menganalisis aspek kependudukan
                                                                                               
Indikator         : - Menyajikan informasi kependudukan melalui peta tabel da grafik/diagram         
                                       - Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi

 I. Tujuan Pembelajaran
   - Melalui diskusi, siswa dapat menyajikan informasi kependudukan melalui peta tabel
     dan grafik/diagram
   - Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi
                      
II. Materi Pokok
  1. Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel dan grafik
  2. Urbanisasi

III. Metode
    -Informasi, tanya jawab, diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Tahapan Waktu

I




II







III
Pertemuan 14
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok , mengumpulkan data kependudukan dari 4 RT dari kelurahan masing-masing siswa
-          Secara kelompok mengolah data kependudukan dari hasil pengamatan di 4 RT ke dalam tampilan peta, tabel, dan grafik

PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test


15 menit





100 menit






20 menit

I




II





III
Pertemuan 15
PENDAHULUAN
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
  dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
-          Siswa dibagi atas 6 kelompok , mengidentifikasi factor pendorong dan penarik terjadinya urbanisasi
-          Secara kelompok, mengidentifikasi upaya penenggulangan terjadinya urbanisasi
            
PENUTUP
- Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan
  tentang materi yang telah dipelajari
- Post test

15 menit





100 menit





20 menit



V. Alat dan Sumber Belajar
    a. Alat         : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
    b. Sumber    : Buku Geografi yang relevan, Internet

VI. Penilaian
   - Penilaian proses diukur dari :
     a. Pengerjaan tugas
     b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
  - Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay

                                                                                                  Pekanbaru, 13 Juli 2009
Mengetahui                                                                                                                
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                               Hj. Rasmaningsih, BA
NIP. 19620618 198802 1001                                     NIP. 19510626  197703  2 001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar