Sabtu, 05 Februari 2011

Silabus Geografi SMA kelas XII

SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XII / IPS
Semester                      :  1 ( satu )
Alokasi Waktu               :  30 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  1.  Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

1.1   Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan


·          Komponen peta

·          Prinsip dasar peta dan pemetaan


·          Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas

·          Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar

·          Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar


·          Menunjukkan komponen-komponen peta

·          Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar

·          Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar


Jenis tagihan :
Tugas individu
Test kelompok
Test tertulis

Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur




9 x 45











Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan

Bahan/Alat :
Atlas
Globe
Tanah



1.2 Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

·          Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah



·          Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur

·          Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan



·          Secara kelompok membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan


·          Membuat laporan data hasil pengukuran

·          Merumuskan data hasil pengukuran





·          Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan


Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur









12 x 45











Bahan/Alat :
Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan






Bahan/Alat :
Atlas
Globe
Tanah
Kompas
Meteran

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

1.3 Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta

·          Klasifikasi industri
·          Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Mengidentifikasi factor penyebab gejala agrlomerasi industri
·          Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi
·          Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian


·          Secara individu, mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu dari berbagai referensi
·          Secara kelompok menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganallisis lokasi industri
·          Secara kelompok diskusi tentang penentuan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Secara kelompok mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
·          Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian


·          Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu
·          Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
·          Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
·          Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
·          Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
·          Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian


Jenis tagihan :
Test kelompok
Ulangan kuis



Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur




9 x 45












Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan

Bahan/Alat :
Citra pengindraan jauh
Foto udara



SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XII / IPS
Semester                      :  1 ( satu )
Alokasi Waktu               :  21 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  2.  Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh dan system informasi geografi (SIG)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan jauh

·          Pengertian pengindraan jauh

·          Unsur-unsur citra pengindraan jauh

·          Pemanfaatan citra pengindraan jauh


·          Mengungkap kembali pengertian pengindraan jauh dari beberapa referensi secara mandiri
·          Secara kelompok mengamati unsur-unsur citra pengindraan jauh dari citra yang tersedia
·          Secara kelompok mengidentifikasi manfaat citra pengindraan jauh
·          Membuat kliping tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh dalam kasus banjir (misalnya : kasus  di Kampar)



·          Menjelaskan pengertian pengindraan jauh
·          Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh
·          Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan jauh
·          Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh (missal : kasus banjir di Kampar)

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
PG




9 x 40













Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan



2.2 Menjelaskan pemanfaatan system informasi Geografi

·          Konsep dasar dan komponen SIG






·          Tahapan kerja SIG
·          Pengoperasian SIG secara konvensional


·          Mengungkap kembali konsep dasar SIG dari berbagai referensi secara mandiri
·          Secara kelompok mengidentifikasi komponen SIG


·          Secara kelompok menentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG

·          Merumuskan konsep dasar SIG
·          Mengidentifikasi komponen-komponen SIG



·          Melakukan tahapan kerja SIG


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan

12 x 45













Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat




























·          Penerapan SIG dalam kajian geografi
·          Manfaat SIG dalam kajian geografi


·          Secara kelompok melakukan observasi ke kalurahan terdekat mencari data tentang kependudukan
·          Secara kelompok mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang
·          Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu
·          Secara kelompok membuat peta tematix tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian, dll
·          Melakukan kegiatan megoverlaykan transparansi peta demi peta
·          Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta
·          Secara kelompok berdiskusi
·          Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi


·          Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi usaha (misalnya : pendirian usaha warnet/foto copy)



·          Mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi



·          Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi






















·          Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy



·          Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan






















Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan




Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan





























Alat dan Bahan :
Perangkat keras SIG/computer

Perangkat lunak SIG
Peta/Atlas
Plastik transparan
Spidol warna transparan
Sablon





SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  XII / IPS
Semester                      :  2 ( dua )
Alokasi Waktu               :  42 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  1.  Menganalisis wilayah dan pewilayahan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota

·          Potensi desa

·          Struktur ruang desa dan kota













·          Interaksi desa dan kota


·          Secara kelompok, diskusi tentang potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
·          Secara kelompok diskusi tentang cirri-ciri struktur desa
·          Secara kelompok diskusi tentang cirri-ciri struktur kota
·          Secara kelompok menganalisisa model-model teori struktur spasial kota






·          Mengungkapkan kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa-kota dari berbagai referensi
·          Secara individu, menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang disajikan dalam LKS



·          Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
·          Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa
·          Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang kota
·          Menganalisis model-model teori struktur spasial kota



·          Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa dan kota
·          Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur




12 x 45












Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan

Sumber/alat :
Gambar (chart)
CD interaktif




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat

3.2 Menganalisisa kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah

·          Konsep wilayah dan pewilayahan
-   Wilayah formal dan fungsional (nodal)
-   Contoh pewilayahan secara formal dan fungsional
-   Membuat pewilayahan berdasarkan fenomena geografis di lingkungan setempat




-   Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan





-   Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan









·          Mengungkapkan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional (nodal) dari berbagai referensi
·          Mengidentifikasi kota / wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional
·          Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
·          Secara kelompok menghitung delitimasi wilayah secara kuantitatif dari data yang telah tersedia pada LKS



·          Secara individu menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan (Misalnya : Nanggro Aceh Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi/tsunami)

·          Secara kelompok menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect
·          Melalui diskusi, mengidentifikasi fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
·          Menelaah tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi
·          Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota

·          Merumuskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan kota
·          Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional
·          Membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
·          Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif
·          Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
·          Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
·          Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
·          Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
·          Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan
·          Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kot

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur










Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur

15 x 45



















Sumber :

Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan








Bahan/alat :
Peta Indonesia
Atlas
Model/gambar struktur ruang kota


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat


-    Teori-teori pusat pertumbuhan






-    Pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia


·          Mengidentifikasi perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
·          Secara kelompok dengan alat peraga peta, mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia

·          Secara kelompok diskusi tentang pengaruh pusat pertumbuhan perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat


·          Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
·          Menganalisis pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
·          Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan pengaruh social budaya masyarakat


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur






3.2 Menganalisis wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang


·          Indikator negara maju dan berkembang
·          Ukuran keberhasilan pembangunan dari UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997




·          Tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow
·          Contoh-contoh negara maju dan berkembang


·          Secara kelompok mengidentifikasi cirri atau indicator negara maju dan berkembang
·          Mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut indicator UNRISD Tahun 1997





·          Secara kelompok atau diskusi tentang tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow


·          Mengidentifikasi cirri/indicator negara maju dan berkembang
·          Memberikan contoh indicator keberhasilan dengan tepat negara maju menurut  UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997
·          Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow


Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan





Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


15 x 45















Sumber :

Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan


Bahan/alat :
Peta
Atlas




Sumber :
Buku Geografi kelas XII yang relevan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat


·          Contoh-contoh negara maju dan berkembang


·          Model pengembangan wilayah negara maju dan berkembang






















·          Pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia







·          Melalui diskusi di dalam kelompok, mengidentifikasi contoh-contoh negara berkembang

·          Secara kelompok menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara maju dengan gambar pola bentuk kota di negara maju.




















·          Diskusi kelompok tentang pola pembangunan/pengembangan wilayah Indonesia
·          Membuat laporan tulisan tentang pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia


·          Memberikan contoh negara-negara berkembang


·          Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah negara maju
·          Mengemukakan model pengembangan negara berkembang


















·          Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur




















Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
Laporan


















Bahan/alat :
Peta
Atlas
Chart (gambar gambar model pengembangan wilayah)

Mengetahui                                                                                                                                                     Pekanbaru, 4 Juli 2010
Kepala SMAN 8 Pekanbaru                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Nurfaisal, M.Pd                                                                                                                                   Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003                                                                                                                         NIP. 19680422 199403 2003




 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar