SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 30 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
1.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan | · Komponen peta · Prinsip dasar peta dan pemetaan | · Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas · Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar · Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar | · Menunjukkan komponen-komponen peta · Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar · Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar | Jenis tagihan : Tugas individu Test kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 9 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Bahan/Alat : Atlas Globe Tanah |
1.2 Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan | · Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah | · Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur · Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan · Secara kelompok membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan | · Membuat laporan data hasil pengukuran · Merumuskan data hasil pengukuran · Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan | Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 12 x 45 | Bahan/Alat : Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Bahan/Alat : Atlas Globe Tanah Kompas Meteran |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
1.3 Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta | · Klasifikasi industri · Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Mengidentifikasi factor penyebab gejala agrlomerasi industri · Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi · Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian | · Secara individu, mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu dari berbagai referensi · Secara kelompok menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganallisis lokasi industri · Secara kelompok diskusi tentang penentuan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Secara kelompok mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian · Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian | · Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu · Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan · Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri · Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian · Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian | Jenis tagihan : Test kelompok Ulangan kuis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 9 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Bahan/Alat : Citra pengindraan jauh Foto udara |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 21 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh dan system informasi geografi (SIG)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan jauh | · Pengertian pengindraan jauh · Unsur-unsur citra pengindraan jauh · Pemanfaatan citra pengindraan jauh | · Mengungkap kembali pengertian pengindraan jauh dari beberapa referensi secara mandiri · Secara kelompok mengamati unsur-unsur citra pengindraan jauh dari citra yang tersedia · Secara kelompok mengidentifikasi manfaat citra pengindraan jauh · Membuat kliping tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh dalam kasus banjir (misalnya : kasus di Kampar) | · Menjelaskan pengertian pengindraan jauh · Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh · Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan jauh · Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh (missal : kasus banjir di Kampar) | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur PG | 9 x 40 | Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan |
2.2 Menjelaskan pemanfaatan system informasi Geografi | · Konsep dasar dan komponen SIG · Tahapan kerja SIG · Pengoperasian SIG secara konvensional | · Mengungkap kembali konsep dasar SIG dari berbagai referensi secara mandiri · Secara kelompok mengidentifikasi komponen SIG · Secara kelompok menentukan tahapan-tahapan dalam urutan kerja SIG | · Merumuskan konsep dasar SIG · Mengidentifikasi komponen-komponen SIG · Melakukan tahapan kerja SIG | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas individu Ulangan | 12 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
| · Penerapan SIG dalam kajian geografi · Manfaat SIG dalam kajian geografi | · Secara kelompok melakukan observasi ke kalurahan terdekat mencari data tentang kependudukan · Secara kelompok mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang · Secara kelompok membuat peta dasar kelurahan tertentu · Secara kelompok membuat peta tematix tentang sex ratio, densitas penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian, dll · Melakukan kegiatan megoverlaykan transparansi peta demi peta · Secara kelompok menyimpulkan hasil overlay peta · Secara kelompok berdiskusi · Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi · Secara kelompok mendiskusikan penerapan SIG dalam menentukan lokasi usaha (misalnya : pendirian usaha warnet/foto copy) · Mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi | · Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi · Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy · Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi | Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan | | Alat dan Bahan : Perangkat keras SIG/computer Perangkat lunak SIG Peta/Atlas Plastik transparan Spidol warna transparan Sablon |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 2 ( dua )
Alokasi Waktu : 42 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota | · Potensi desa · Struktur ruang desa dan kota · Interaksi desa dan kota | · Secara kelompok, diskusi tentang potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota · Secara kelompok diskusi tentang cirri-ciri struktur desa · Secara kelompok diskusi tentang cirri-ciri struktur kota · Secara kelompok menganalisisa model-model teori struktur spasial kota · Mengungkapkan kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa-kota dari berbagai referensi · Secara individu, menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang disajikan dalam LKS | · Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota · Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa · Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang kota · Menganalisis model-model teori struktur spasial kota · Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa dan kota · Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | 12 x 45 | Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Sumber/alat : Gambar (chart) CD interaktif |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
3.2 Menganalisisa kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah | · Konsep wilayah dan pewilayahan - Wilayah formal dan fungsional (nodal) - Contoh pewilayahan secara formal dan fungsional - Membuat pewilayahan berdasarkan fenomena geografis di lingkungan setempat - Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan - Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan | · Mengungkapkan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional (nodal) dari berbagai referensi · Mengidentifikasi kota / wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional · Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification) · Secara kelompok menghitung delitimasi wilayah secara kuantitatif dari data yang telah tersedia pada LKS · Secara individu menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan (Misalnya : Nanggro Aceh Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi/tsunami) · Secara kelompok menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect · Melalui diskusi, mengidentifikasi fase-fase pertumbuhan suatu wilayah · Menelaah tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi · Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota | · Merumuskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan kota · Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional · Membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification) · Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif · Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan · Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan · Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect · Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah · Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan · Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kot | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 15 x 45 | Sumber : Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Bahan/alat : Peta Indonesia Atlas Model/gambar struktur ruang kota |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
| - Teori-teori pusat pertumbuhan - Pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia | · Mengidentifikasi perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan · Secara kelompok dengan alat peraga peta, mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia · Secara kelompok diskusi tentang pengaruh pusat pertumbuhan perkembangan ekonomi dan perubahan social budaya masyarakat | · Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan · Menganalisis pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia · Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan pengaruh social budaya masyarakat | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur | | |
3.2 Menganalisis wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang | · Indikator negara maju dan berkembang · Ukuran keberhasilan pembangunan dari UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997 · Tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow · Contoh-contoh negara maju dan berkembang | · Secara kelompok mengidentifikasi cirri atau indicator negara maju dan berkembang · Mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan menurut indicator UNRISD Tahun 1997 · Secara kelompok atau diskusi tentang tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow | · Mengidentifikasi cirri/indicator negara maju dan berkembang · Memberikan contoh indicator keberhasilan dengan tepat negara maju menurut UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997 · Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis | 15 x 45 | Sumber : Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan Bahan/alat : Peta Atlas Sumber : Buku Geografi kelas XII yang relevan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat |
| · Contoh-contoh negara maju dan berkembang · Model pengembangan wilayah negara maju dan berkembang · Pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia | · Melalui diskusi di dalam kelompok, mengidentifikasi contoh-contoh negara berkembang · Secara kelompok menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara maju dengan gambar pola bentuk kota di negara maju. · Diskusi kelompok tentang pola pembangunan/pengembangan wilayah Indonesia · Membuat laporan tulisan tentang pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia | · Memberikan contoh negara-negara berkembang · Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah negara maju · Mengemukakan model pengembangan negara berkembang · Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia | Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Laporan | | Bahan/alat : Peta Atlas Chart (gambar gambar model pengembangan wilayah) |
Mengetahui Pekanbaru, 4 Juli 2010
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs. H.Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
|