RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer
serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mendeskripsikan struktur pelapisan bumi
- Mendeskripsikan siklus batuan
- Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi
- Menggambarkan bagan tenaga geologi
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi siswa dapat mendeskripsikan struktur pelapisan bumi
- Melalui gambar/model siklus batuan siswa dapat mendeskripsikan siklus batuan
- Melalui referensi siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk
lapisan kulit bumi
- Melalui informasi siswa dapat menggambarkan bagan tenaga geologi
II. Materi Pokok
- Struktur Pelapisan bumi
- Siklus Batuan
- Jenis-jenis batuan pembentuk kulit bumi
- Bagan tenaga geologi
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 1 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Setelah membaca referensi siswa dapat mendeskripsikan struktur pelapisan bumi - Setelah mengamati gambar siklus batuan siswa dapat mendeskripsikan tentang siklus batuan - Melalui referensi siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk kulit bumi - Melalui informasi siswa dapat menggambarkan bagan tenaga geologi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 1 :
1. Jelaskan dengan gambar struktur pelapisan bumi !
2. Sebutkan 3 macam batuan pembentuk kulit bumi sertai dengan contohnya !
3. Gambarkanlah bagan siklus batuan !
4. Buatlah skema bagan tenaga geologi !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 2
Materi Pokok : Tektonisme
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer
serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengidentifikasi macam-macam tenaga tektonisme
- Membedakan gerak epirogenesa dengan orogenesa
- Mendeskripsikan proses terjadinya gerak epirogenesa positif
dengan epirogenesa negatif
- Mendeskripsikan proses terbentuknya lipatan dan patahan
di muka bumi
- Membuat laporan tentang slenk Semangko dari berbagai
media pembelajaran
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi siswa dapat mengidentifikasi macam-macam tenaga tektonisme
- Melalui referensi siswa dapat membedakan gerak epirogenesa dengan orogenesa
- Melalui pengamatan gambar siswa dapat mendeskripsikan proses terjadinya gerak
epirogenesa positif dengan epirogenesa negatif
- Melalui pengamatan gambar siswa dapat mendeskripsikan proses terbentuknya
lipatan dan patahan di muka bumi
- Melalui berbagai media pembelajaran siswa membuat laporan secara individu
Tentang slenk Semangko
II. Materi Pokok
- Pengertian tektonisme
- Macam-macam tektonisme
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 2 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru menginformasikan kompetensi dasar yang hendak dicapai - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Setelah membaca referensi siswa dapat mengidentifikasi macam-macam tenaga tektonisme - Setelah membaca referensi siswa dapat membedakan gerak epirogenesa dengan orogenesa - Setelah mengamati gambar siswa dapat mendeskripsikan proses terjadinya gerak epirogenesa positif dengan epirogenesa negatif - Setelah mengamati gambar siswa dapat mendeskripsikan tentang terbentuknya lipatan dan patahan di muka bumi - Siswa secara individu membuat laporan tentang slenk Semangko dari berbagai media pembelajaran PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 2 :
1. Apa yang dimaksud dengan tenaga tektonisme dan sebutkan bagian-bagiannya !
2. Bedakanlah gerak epirogenesa dengan gerak orogenesa !
3. Apa perbedaan gerak epirogenesa positif dengan epirogenesa negatif sertai dengan contoh !
4. Gambarkan bentuk-bentuk lipatan dan patahan dan sebutkan bagian-bagiannya !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 3 dan 4
Materi Pokok : Vulkanisme dan Seisme
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer
serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Menunjukkan bentuk-bentuk intrusi magma
- Mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang
dikeluarkan gunung api
- Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui gambar/model penampang gunung api, siswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk intrusi magma
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang dikeluarkan gunung berapi
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengklasifiksikan macam-macam gempa bumi, istilah-istilah gempa bumi serta macam-macam gelombang gempa
- Melalui informasi siswa dapat menentukan letak episentrum gempa dengan menggunakan rumus LASKA
- Melalui media massa siswa dapat membuat laporan tentang gempa bumi (tsunami) di Aceh
II. Materi Pokok
- Vulkanisme
- Seisme
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 3 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan Dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu siswa dapat mengamati gambar stuktur intrusi magma - Secara kelompok siswa diskusi tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 4 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok siswa diskusi tentang klasifikasi gempa, istilah-istilah gempa dan macam-macam gelombang gempa - Guru memberikan informasi cara menentukan letak episentrum gempa dengan manggunakan rumus LASKA - Melalui media massa siswa membuat laporan tentang gempa (tsunami) di Aceh PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 3 :
1. Apa yang dimaksud dengan vulkanisme dan sebutkan macam-macamnya !
2. Jelaskan engan gambar hasil intrusi magma !
3. Sebutkan 2 macam letusan (erupsi) dan jelaskan !
4. Jelaskan ciri-ciri letusan tipe Hawaii !
5. Sebutkan 3 macam material yang dikeluarkan gunung api sertai dengan contoh !
Pertemuan 4 :
- Apa yang dimaksud dengan gempa !
- Sebutkan 3 macam gempa bedasarkan tenaga penyebabnya !
- Jelaskan yang dimaksud dengan hiposentrum, episentrum, isoseista dan homoseista !
- Sebutkan 3 macam gelombang gempa !
- Stasiun A mencatat gelombang primer pukul 10.50.15 dan gelombang sekunder pukul 10.57.45. Hitunglah jarak episentrum dari stasiun A !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer
serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi
- Membedakan jenis-jenis pelapukan
- Mengidentifikasi jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku
utama yang berbeda
- Mengklasifikasikan jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutnya
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan gambar rupa bumi siswa dapat mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi
- Melalui diskusi siswa dapat membedakan jenis-jenis pelapukan
- Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda
- Melalui diskusi siswa dapat mengklasifikaskan jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutnya
II. Materi Pokok
- Pelapukan
- Pengikisan
- Pengendapan
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 5 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok siswa mengamati gambar rupa bumi sebagai akibat proses pelapukan, pengikisan dan pengendapan - Secara kelompok diskusi tentang jenis-jenis pelapukan,jenis-jenis pengikisan, jenis-jenis pengendapan PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 5 :
1. Sebutkanlah 3 jenis pelapukan !
2. Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan terjadinya pelapukan fisis !
3. Apa perbedaan pelapukan fisis dengan khemis sertai dengan contoh !
4. Apa yang dimaksud dengan erosi abrasi, ablasi, dan deflasi sertai dengan contoh ¡
5. Sebutkan masing-masing contoh sedimentasi fluvial, aeolis dan marine ¡
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer
serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
- Mengidentifikasi factor penyebab terjadinya erosi dan cara-cara penanggualangannya
- Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia
- Mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya
- Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkungan sekitar
- Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang lain serta dampaknya terhadap kehidupan
- Mengidentifikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi siswa dapat menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
- Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi factor penyebab terjadinya erosi dan cara penanggulangannya
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada peta persebaran jenis tanah di Indonesia
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari berbagai referensi
- Melalui kerja kelompok siswa dapat mengamati proses terjadinya erosi di daerah aliran S. Siak (Riau)
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya erosi di DAS S. Siak
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasi usaha untuk mengurang terjadinya erosi
II. Materi Pokok
- Proses pembentukan tanah
- Jenis dan cirri tanah di Indonesia
- Erosi Tanah
- Penyebab terjadinya erosi tanah
- Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 6 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa membaca referensi tentang proses pembentukan tanah di Indonesia - Secara kelompok sswa mengidentifkasi jenis tanah pada peta persebaran jenis tanah di Indonesia - Secara kelompok siswa mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari berbagai referensi - Secara kelompok mengamati proses terjadinya erosi di DAS Siak PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 7 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di DAS Siak - Secara kelompok, siswa diskusi tentang upaya penanggulangan erosi di DAS Siak (Riau) PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 6 :
1. Sebutkanlah 2 macam proses pembentukan tanah !
2. Sebutkanlah di daerah mana saja terdapat jenis tanah gambut di Indonesia !
3. Sebutkanlah 3 jenis tanag yang tergolong subur !
Pertemuan 7 :
1. Sebutkanlah 4 macam erosi tanah !
2. Tuliskanlah 3 penyebab terjadinya erosi tanah !
3. Usaha apa saja yang dilakukan dalam mencegah terjadinya erosi tanah !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 8, 9, dan 10
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : - Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengungkapkan kembali ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
- Menganalisis dinamika unsure-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, awan, kelembaban, curah hujan)
- Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi penyinaran matahari
- Membuat laporan tentang pengukuran suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin
- Menghitung kelembaban udara
- Menyajikan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan gambar struktur lapisan bumi, siswa dapat mengungkapkan cirri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
- Melalui pengamatan cuaca di lingkungan sekolah siswa dapat menganalisis unsure-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, awan, angin, kelembaban, curah hujan)
- Melalui pengamatan cuaca di lingkungan sekolah, siswa dapat menganalisis factor yang mempengaruhi penyinaran matahari
- Dengan kunjungan ke BMG, siswa dapat membuat laporan tentang pengukuran suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara dan kecepatan angin
- Melalui data hasil pengamatan cuaca, siswa dapat menghitung kelembaban udara
- Melalui berbagai sumber di media massa, siswa dapat menyajikan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia
II. Materi Pokok
- Ciri-ciri lapisan atmosfer
- Unsur-unsur cuaca
- Persebaran hujan di Indonesia
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi, kunjungan lapangan
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 8 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Siswa mengidentifikasi cirri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya melalui gambar struktur lapisan atmosfer - Secara kelompok siswa mengamati dinamika unsure-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, awan, angin, kelembaban, curah hujan) PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 9 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa mengamati perbedaan penyinaran matahari pada pagi dan siang hari di lingkungan sekolah - Secara kelompok, siswa mengukur suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara dan kecepatan angin dari kunjungan ke BMG PENUTUP - Siswa membuat laporan tentang pengamatan cuaca ke BMG dan diserahkan pada guru | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 10 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, siswa menghitung kelembaban udara yang datanya dari hasil pengamatan - Secara kelompok, siswa mencari data persebaran curah hujan di Indonesia dari berbagai sumber - Secara kelompok siswa membuat table/grafik persebaran curah hujan di Indonesia PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pertemuan 8 :
- Gambarkanlah struktur lapisan atmosfer !
- Sebutkan ciri-ciri lapisan trposfer dan straposfer !
- Sebutkanlah pemanfaatan masing-masing lapisan atmosfer !
- Sebutkan 6 unsur-unsur cuaca dan iklim !
Pertemuan 9 :
- Jika daerah A suhunya 24°C memiliki ketinggian 600m dpl, berapakah suhu udara pada ketinggian 2500 m dpl ?
- Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi penyinaran matahari tidak sama di permukaan bumi !
- Berapakah tekanan udara pada ketinggian 800 m dpl, jika tekanan udara di permukaan laut 1.013 mb ?
- Jika isobar I tekanan udaranya adalah 950 mb dan isobar II tekanannya 700 mb, Berapakah gradien barometernya !
- Apa perbedaan angin pasat dengan angin anti pasat ?
- Apa perbedaan angin darat dengan angin laut ?
Pertemuan 10 :
- Pada suhu 25°C terukur kandungan uap air 18 gram/m3 sedangakan pada suhu yang sama maksimal dapat menampung uap air sebanyak 24 gram/ m3 . Hitunglah kelembaban relatifnya !
- Melalui peta curah hujan tentukanlah daerah di Indonesia yang memiliki curah hujan yang tinggi dan yang rendah !
- Sebutkan 3 macam hujan dan jelaskan dengan gambar proses terjadinya !
- Sebutkan macam-macam awan berdasarkan bentuknya !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 11 dan 12
Materi Pokok : Klasifikasi iklim
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : - Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
- Mengidentifikasi dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar
- Menunjukkan pada peta dunia, persebaran negara-negara dan jenis-jenis iklimnya
- Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schmidt-Fergusson
- Mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat mengklasifikasikan tipe-tipe iklim
- Melalui referensi, siswa dapat mengidentifikasi dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan pada peta dunia persebaran negara-negara dan jenis-jenis iklimnya
- Melalui informasi guru, siswa dapat menentukan jenis iklim berdasarkan Schmidt – Ferguson
- Melalui referensi, siswa dapat menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan yang ada
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
II. Materi Pokok
- Berbagai klasifikasi iklim
- Pemanasan global (El Nino dan La Nina)
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 11 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu siswa membaca referensi tentang klasifikasi tipe-tipe iklim - Secara individu siswa membaca referensi tentang dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar - Secara kelompok pada peta , siswa mengidentifikasi negara-negara yang beriklim tropis, subtropics dan dingin PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 12 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu, siswa menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang ada ( tipe iklim Schmidt – Ferguson) - Secara individu, siswa menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan yang tersaji - Secara kelompok mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina) - Secara individu membuat kliping tentang perubahan iklim global lengkap dengan rangkuman, tanggapan sera sumber kliping PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 11 :
- Sebutkanlah 4 macam pembagian iklim !
- Jelaskan dengan gambar macam-macam iklim matahari !
- Sebutkan 3 contoh negara yang termasuk iklim tropis, subtropis, dan sedang !
- Sebutkanlah dasar-dasar pembagian iklim menurut beberapa pakar !
Pertemuan 12 :
- Perhatikan tabel curah hujan Kota X di bawah ini !
Bulan | Jan | Feb | Mar | Apr | Mei | Juni | Juli | Agus | Sept | Okt | Nop | Des |
Curah hujan | 200 | 210 | 140 | 90 | 75 | 55 | 45 | 50 | 95 | 120 | 150 | 180 |
Tentukanlah tipe iklim kota X menurut Schmidt-Fergusson !
- Sebutkan macam-macam tipe iklim menurut Koppen !
- Sebutkanlah wilayah-wilayah di Indonesia yang tergolong iklim Af, Aw dan Am !
- Jelaskan terjadinya gejala El Nino dan apa pengaruhnya terhadap Indonesia !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : - Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengidentifikasi unsure-unsur utama siklus hidrologi
- Menggambarkan bagan siklus hidrologi
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat mengidentifikasi unsu-unsur utama siklus hidrologi
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menggambarkan bagan siklus hidrologi
II. Materi Pokok
- Siklus hidrologi
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 13 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI -Secara individu siswa mengidentifikasi unsure utama siklus hidrologi dari berbagai referensi - Secara kelompok siswa dapat menggambarkan bagan siklus hidrologi PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajar - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 13 :
- Apa yang dimaksud dengan siklus hidrologi ?
- Jelaskan yang dimaksud dengan evaporasi, transpirasi, kondensasi, adveksi, presipoitasi, infiltrasi, run off dan perkolasi !
- Jelaskan dengan gambar siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 14 dan 15
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : - Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat
- Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya
- Mengidentifikasi cirri-ciri sungai menurut profil memanjang
- Mengklasifikasi jenis-jenis pola aliran sungai
- Mengklasifikas imacam-macam sungai di Indonesia
- Mendeskripsikan Daerah Aliran Sungai (DAS)
- Merumuskan upaya-upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS)
- Mendeskripsikan proses terjadinya Danau Sentani di Papua
- Mendeskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya
- Melalui pengamatan daerah aliran sungai lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri sungai menurut profil memanjang
- Melalui pengamatan gambar, siswa dapat mengklasifikasi jenis-jenis pola aliran sungai
- Melalui referensi, siswa dapat mendeskripsikan Daerah Aliran Sungai (DAS)
- Melalui referensi, siswa dapat merumuskan upaya-upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS)
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mendeskripsikan proses terjadinya Danau Sentani di Papua
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mendeskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan
II. Materi Pokok
- Perairan darat : 1. Air tanah
2. Sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS)
3. Danau
4. Rawa
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 14 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu, siswa membaca referensi tantang berbagai jenis perairan darat - Secara kelompok, siswa diskusi menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dari struktur lapisan air tanah - Secara kelompok siswa mengamati ciri-ciri sungai menurut profil memanjang di daerah sekitar - Secara kelompok, siswa mengamati gambar pola aliran S, Musi di peta - Secara kelompok siswa menglasifikasikan macam-macam sungai di Indonesia PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 15 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu siswa merumuskan pengertian DAS dari berbagai referensi - Secara individu siswa meruuskan penyebab rusaknya DAS dari berbagai referensi - Secara kelompok siswa diskusi tentang upaya pelestarian DAS - Mendiskusikan proses terjadinya D. Sentani - Secara kelompok, diskusi tentang manfaat rawa bagi kehidupan PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan assay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 14 :
- Sebutkan yang termasuk ke dalam perairan darat !
- Jelaskan dengan gambar penggolongan air tanah !
- Sebutkan 3 usaha dalam melestarikan air tanah !
- Bedakanlah profil sungai di hulu dengan di hilir !
- Jelaskan dengan gambar pola sungai denritik denga anular !
- Apa yang dimaksud dengan sungai konsekuen, subsekuen, resekuen dan obsekuen ?
- Sebutkan 3 usaha dalam melestarikan sungai !
Pertemuan 15 :
- Apa yang dimaksud dengan DAS ? Dan sebutkan 3 Usaha dalam melestarikan DAS ?
- Sebutkan 3 penyebab rusaknya DAS ?
- Jelaskan proses terjadinya danau tektonik dan danau vulkanik ?
- Sebutkan macam-macam rawa !
- Sebutkan 3 usaha dalam melestarikan rawa !
Pekanbaru, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan ke : 16 dan 17
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : - Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator : - Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir
- Menjelaskan perbedaan proses terjadinya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul
- Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan
- Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut
- Mengidentifikasi factor-faktor penyebab terjadinya gelombang
- Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
- Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
- Mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut
- Mengidentifikasi factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui referensi, siswa dapat menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan perbedaan proses terjadinya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul
- Melalui pengamatan peta, siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan suatu negara
- Melalui pengamatan gambar morfologi laut, siswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor penyebab terjadinya gelombang
- Siswa dapat membuat peta arus laut dunia
- Melalui referensi, siswa dapat menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
airlaut
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut
II. Materi Pokok
- Perairan laut : 1. Zona pesisir dan laut
2. Klasifikasi laut
3. Morfologi laut
4. Gerakan air laut
5. Kualitas air laut
III. Metode
-Informasi, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran Siswa | Tahapan Waktu |
I II III | Pertemuan 16 PENDAHULUAN Motivasi : - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemauan sebelumnya - Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara individu siswa mengungkapkan kembali tentang pantai, peisisir, dari berbagai referensi - Secara kelompok diskusi tentang proses terjadinya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul - Melalui peragaanpeta menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan suatu Negara - Melalui bagan morfologi laut , siswa menganalisa morfologi lait PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
I II III | Pertemuan 17 PENDAHULUAN - Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya - Guru memberi gambaran tentang materi yang akan dicapai KEGIATAN INTI - Secara kelompok, mendiskusikan factor-faktor penyebab terjadinya gelombang - Secara individu, membuat peta arus laut dunia - Secara individu menggambarkan kedudukan bulan, bumi dan matahari yang menyebabkan pasang naik dan surut air laut - Secara kelompok, mengidentifikasi factor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut - Secara kelompok, diskusi tentang factor yang menyebabkan perbedaan warna air laut PENUTUP - Bersama siswa secara klasikal membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari - Post test | 15 menit 60 menit 15 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : Gambar, Infocus, Power Point, CD Pembelajaran
b. Sumber : Buku Geografi yang relevan, Internet
VI. Penilaian
- Penilaian proses diukur dari :
a. Pengerjaan tugas
b. Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok
- Penilaian hasil belajar dengan menggunakan soal objektif dan essay
SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Pertemuan 16 :
- Sebutkanlah 3 perbedaan antara pesisir dengan pantai !
- Jelaskanlah proses terbentuknya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul !
- Sebutkan macam-macam laut berdasrkan cara terjadinya sertai dengan contoh !
- Apa yang dimaksud dengan continental shelf, trog, basin, ambang laut, seamount dan guyot !
- Apa yang dimaksud batas teritorial dan ZEE !
Pertemuan 17 :
- Apa perbedaan gelombang dengan arus laut ?
- Sebutkan 3 faktor penyebab terjadinya gelombbang dan arus laut !
- Sebutkanlah 2 contoh arus panas dan arus dingin !
- Pasangsurut air laut ada 2 macam. Jelaskan dengan gambar !
- Apa yang dimaksud dengan salinitas air laut !
- Sebutkan 4 faktor yang menyebabkan salinitas air laut berbeda-beda !
- Jelaskan kenapa air laut ke;lihatan berwarna merah, kunuing dan hitam ?
Pekanbaru, 15 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMAN 8 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Nurfaisal, M.Pd Lusi Anita, S.Pd
NIP. 19620618 198802 1003 NIP. 19680422 199403 2003
terimakasih atas postingannya ini sangat bermanfaat bagi saya untuk referensi ..:)
BalasHapus